Street Food: Soto Goreng Ateng

Ada saja momen-momen di kala kita mengernyitkan dahi ketika mendengar nama masakan yang familiar namun tidak familiar. Sebut saja contohnya adalah soto goreng dan rupanya ada satu yang cukup beken di sekitaran Palmerah, Jakarta.

Adalah Soto Goreng Ateng yang kedainya terletak di dalam Pasar Palmerah, tidak jauh dari Ramayana yang menempati porsian terbesar pasar ini. Layaknya pasar bertingkat di berbagai penjuru ibukota lainnya, terdapat satu penjuru khusus dimana penjual makanan bisa ditemukan.

Soto Goreng Ateng 2

Tanpa tedeng aling-aling, langsung saja kami memesan soto goreng yang jujur, mungkin tidak banyak yang mengetahui namun terkenal di kalangan penikmatnya. Soto Goreng Ateng tidak hanya menyediakan soto goreng, namun juga berbagai jenis soto-soto lainnya.

Ketika memesan pertanyaan yang diajukan adalah seputar kuahnya. Mereka menyediakan kuah soto bening dan kuah soto santan. Tentunya ini adalah kuah-kuah yang mereka gunakan untuk soto jenis lainnya, sehingga perbedaannya terlihat ketika tersaji.

Soto Goreng Ateng 1

Tidak lama soto-pun tersaji. Kuah santan yang saya pesan mengiringi satu porsian nasi yang ditumpangi potongan daging, kentang, serta emping. Ternyata inilah keunikannya. Daging sapi ini mungkin terbuat dari bagian kisi dan memiliki lemak, lalu kemudian dipotong dadu dan “digoreng” dengan minyak serta kecap. Rasanya yang manis-manis gurih sebetulnya memungkinkan sekali untuk disantap nikmat dengan nasi saja. Adanya kuah menjadikannya memiliki sebutan soto goreng.

Selalu saja menarik untuk menemukan hal-hal baru ketika berkunjung ke pasar. Misalnya saja berbagai makanan kaki lima di Pasar Tebat, nasi tim di Pasar Pagi, dan banyak lainnya. Kini di Pasar Palmerah ada satu pilihan yang menyenangkan.

Nah makanya, main ke pasar yuk!


SOTO GORENG ATENG
Halal-friendly
Unsuitable for vegetarians

Address:
Pasar Palmerah, lantai 2, Jalan Palmerah Barat, Jakarta – Indonesia

Jam buka: post-breakfast & lunchtime (TBC)


Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s