Semangkuk soto ayam kudus bersama minuman dan makanan pendamping.

Street Food: Soto Ayam Kudus Mbak Lin, Semarang

Dua kali berkunjung ke Soto Ayam Kudus Mbak Lin di Semarang, dan kali kedua ini lebih berkesan. Padahal siang itu matahari bersinar terik tanpa ampun. Namun bayangkan serunya bersantap soto Kudus dengan minuman dingin. Sembuh seketika!

Setelah sepagian bertualang dari menikmati sarapan di tempat yang keKudus-Kudusan juga yaitu Nasi Pindang Kudus, rasa lapar kembali menyeruak ketika siang tiba. Apalagi beberapa waktu sebelumnya kita sudah bertualang naik turun Lawang Sewu, hingga menemukan lotengnya yang keren!

Kembali bersua dengan soto ayam Kudus

Tepat setahun sebelumnya, saya sudah pernah menjajal tempat beken yang satu ini. Entah kenapa tahun lalu rasanya kurang bergairah. Mungkin karena sekeluarga ingin menikmati soto, sementara saya ingin mencoba panganan khas Semarang lainnya.

Meskipun kembali ke tempat yang sama tahun depannya, rasanya ada semangat yang terbarukan di sana. Kembali, mungkin ini dikarenakan paginya saya sudah menemukan panganan khas itu dan akhirnya berkesempatan bertualang di kota pesisir ini. Exciting!

Berlokasi di Ventura Taman Kuliner, Soto Ayam Kudus Mbak Lin menempati bagian pojok dengan kapasitas terbesar. Bersanding dengan panganan tradisional lainnya, taman kuliner ini hampir selalu ramai dikunjungi.

Seperti biasa, memesan makanan di sini semudah duduk manis dan langsung kita akan dilayani. Di meja sudah menanti beragam jenis kerupuk, satai ati, satai telur, satai paru ataupun tempe dan juga perkedel. Semua menanti untuk dikombinasikan. Tapi a word of advice, seorang teman bilang kalau makanan di Semarang sebetulnya murah, hanya saja beragam topping ini yang akan menjadikannya lebih mahal.

Sebagai seorang yang purist (tidak terlalu suka tambahan ini itu), berarti ini tidak menjadi masalah. Tapi untuk kamu-kamu yang gelap mata kalau melihat serunya menambah ini itu, maka waspadalah kawan. Tidak ada yang salah kok, semuanya malah bisa bikin lebih lezat. Hanya saja bisa-bisa nanti tongpes. Mending nambah satu porsi soto lagi, bukan? Hehe..

Menikmati soto ayam Kudus sepenuh hati

Semangkuk soto ayam kudus bersama minuman dan makanan pendamping.
Tak perlu jauh-jauh ke Kudus kalau mau menjajal soto ayam Kudus enak di Semarang.

Selalu happy kalau hidangan berkuah tampil lebih dari sekadar hangat. Kebiasaan orang Indonesia biasanya menyajikan yang suam-suam kuku hingga hangat pas-pasan. Padahal dari kuah yang cukup panas, ketika disantap rasanya begitu mengisi relung hati. Ditambah karena kuahnya juga sedap rasanya.

Untuk soto ayam Kudus milik Mbak Lin, tingkat kehangatannya sesuai ekspektasi. Dari segi rasa tidaklah yang terlampau gurih, tapi jelas mumpuni dan cukup pekat. Paduan nasi dengan taoge, ayam suwir, serta bawang goreng saja sudah membuat saya super bahagia. Tambah sedikit sambal ataupun garam juga tak mengapa. Rasanya semakin komplit dan melajulah suap demi suap. Tak lama pesanan porsi kedua langsung terucap dari bibir.

Padukan dengan topping kesukaanmu dan tentunya minuman dingin menyegarkan. Meski kipas angin dimana-mana, panas siang hari Semarang dan lembapnya menembus hingga ke dalam restoran. Konon ini menambah kenikmatan, apalagi kalau sampai berkeringat kalau kata Anthony Bourdain.

Nah, selanjutnya kemana lagi nih? Tur jalan-jalan bersama Rooms Inc. Semarang masih akan berlanjut, teman-teman!


SOTO AYAM KHAS KUDUS MBAK LIN

Address:
Ventura Taman Kuliner
Jl. Ki Mangunsarkoro No.15, Semarang – Jawa Tengah, Indonesia

Opening hours:
Daily, 7am – 10pm


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s