Sebuah kamar hotel dengan ukuran keluarga.

The Weekender: Rooms Inc. Hotel, Berwisata di Semarang Dimulai dari Sini

Lama tak berjumpa dengan kota Semarang, rupanya sudah banyak yang berubah. Kalau ingin berkeliling kota dengan nyaman, semua dimulai dari memilih tempat menginap yang pas. Rooms Inc. jadi pilihan utama kali ini untuk memulai wisata Semarang yang akan berlangsung selama 3 hari!

Ketika seorang teman mendengar bahwa saya akan bertandang ke kotanya, tentu lokasi menginaplah yang jadi pertanyaan. Rooms Inc. yang sejak awal sudah jadi pilihan langsung dikomentarinya. “Ah, sepertinya berdekatan dengan DP Mall. Lokasinya bagus tuh!”, begitu katanya.

Ternyata benar, Rooms Inc. “menempel” dengan mall yang sudah lama tenar di kota Semarang ini. Konon mall ini baru-baru saja direnovasi dan alasannya jelas, lokasi strategisnya sungguh menguntungkan. Keberadaan Rooms Inc. menjadi menarik karena dari sinilah kita bisa berkelana keliling kota dengan sangat mudah.

Tiba di hari Jumat malam setelah menempuh perjalanan kereta api dari Jakarta selama hampir 6 jam, saya dan teman-teman perjalanan langsung bermalam di hotel. Setidaknya malam itu saja kami sudah tercengang akan tampilannya yang hype dan kamarnya yang nyaman. Kita lanjutkan saja esok hari untuk menjelajahinya.

Suasana Rooms Inc. bagian depan

Sebuah cafe bernama Grab & Go dan sederetan tempat duduk serta meja.
Grab & Go, tujuan tepat untuk sarapan pagi cepat sebelum berkeliling kota Semarang.

Interior-nya yang bergaya industrial dan bernuansa temaram ini memperkuat sisi elegannya. Lokasi pintu masuk memiliki akses sendiri, tepat di sebelah pintu utama DP Mall. Dari sini, kita hanya perlu naik lift untuk menuju lobby. Untuk yang membawa mobil, parkir saja di lantai atas dan kemudian masuk ke dalam lobby melalui lift turun ataupun menggunakan tangga.

Baru kali ini saya melihat counter check-in disatukan dengan beverage bar dan pastry station dari konsep kafe milik hotel ini. Di sini selain untuk urusan administrasi, bisa saja kita berbelanja croissant, kopi atau jus untuk to-go ataupun untuk dine-in di cafe-nya yang dinamakan Grab & Go. Konsep cafe-nya pun tidak setengah matang, karena sudah dilengkapi banyak tempat duduk yang nyaman hingga meja bilyar ataupun dart. Di sampingnya, beberapa meeting room berbagai ukuran siap disewakan.

The Verve, restoran dari Rooms Inc.

The Verve, restoran dari Rooms Inc. Semarang dengan deretan meja dan kursinya.
The Verve, mulailah hari dari sini dengan sarapan lengkap ataupun untuk mengakhiri hari ngafe bersama teman-teman.

Bittersweet Symphony, sebuah lagu yang pasti jadi pikiran kalian-kalian penggemar Britpop. Tenang, bukan itu, kok. The Verve adalah bistro sekaligus restoran milik Rooms Inc. Ia berlokasi tepat di belakang Grab & Go, dan sekaligus dekat dengan lokasi gym serta akses menuju kamar-kamar hotel.

The Verve terdiri dari dua bagian, satu adalah yang biasa dipakai untuk makan pagi. Sementara satu bagian lagi sepertinya lebih ditujukan sebagai bagian smoking dan live music. Bagian ini lebih hidup ketika malam tiba, dimana para pengunjung bisa lebih santai ngafe dan memesan minuman serta makanan.

Menu makan pagi milik Rooms Inc. cukup bervariasi. Hanya saja satu concern saya adalah penempatan stasiun makanan yang terasa terpisah. Kalau misalnya di hotel-hotel pada umumnya ada satu bagian khusus untuk menu prasmanan standar bersama dengan nasi putih, namun di Rooms Inc. posisinya menjadi berbeda.

Nasi putih terletak bersama menu harian tradisional yang berubah-ubah. Sementara menu prasmanan yang jadi temannya nasi putih diletakkan agak jauh dan lebih difungsikan sebagai camilan. Sementara, menu-menu utama adalah berupa beragam hidangan tradisional yang berubah setiap harinya. Hmm… Sungguh konsep yang khas diterapkan oleh Rooms Inc.

But anyway, sesi sarapan pagi yang selalu dinantikan saat menginap di luar kota ternyata dapat dipenuhi dengan baik di sini. Suasana restoran yang menyenangkan, makanan yang lezat, dan teman-teman yang seru menjadikan momen makan pagi semakin seru!

Kamar hotel yang nyaman

Sebuah kamar hotel dengan tempat tidur berukuran queen size dan TV.
Berukuran pas, kamar paling ekonomis dari Rooms Inc. ini terlihat nyaman dan elegan.

Dekat dengan The Verve, kita akan menemukan sebuah pintu akses khusus yang menggunakan kartu pass yang dimiliki para tamu. Di dalamnya langsung ada sederetan kamar dan lift internal bagi yang menginap di lantai berbeda.

Masuk ke dalam kamar, suasana khas Rooms Inc. yang saya temui di luar terasa konsisten hingga ke dalam. Suasana santai seolah mengajak saya untuk langsung beristirahat ketika malam itu tiba nyaris mendekati tengah malam.

Tata ruangan Rooms Inc. cukup tipikal dengan banyak hotel lainnya, hanya saja minus keberadaan lemari yang biasanya menjadi tempat menggantung pakaian. Alih-alih beberapa gantungan sudah ditempel di dinding lorong antara kamar mandi dan tempat tidur. Luas kamar mandi juga cukup memadai dan ada ruangan shower dengan bingkai kaca yang cukup spacious. Jangan lupa cek balik kaca wastafel karena ada rak tersembunyi. Hanya saja, jangan sampai lupa cek sebelum check-out seandainya kamu menaruh barang di sana.

Masuk ke bagian tempat tidur, tempat menaruh bagasi cukup luas dan bisa memuat beberapa tas. Nightstand tersedia di kiri kanan ranjang berukuran queen size. Sedikit berharap awalnya kamar dilengkapi dengan desk dan kursi kerja, namun ternyata memang ukuran kamarnya tidaklah terlampau besar namun juga tidak terasa sempit. Hanya saja memang tidak akan muat bila meja kerja juga dipasang di sana. Beruntung di bagian lobby, Rooms Inc. sudah menyiapkan banyak tempat duduk nyaman untuk bekerja di depan laptop, bukan?

Jarak antara ujung ranjang dan dinding hanya muat bila kita berjalan menyamping secara perlahan. Di sini, TV berukuran 32″ diletakkan dan terasa besar serta memuaskan untuk menikmati tontonan. Channel TV kabel juga sangat lengkap dan banyak alasan untuk bisa betah berlama-lama di kamar.

Kesimpulan

Sebuah meja makan panjang untuk bersantap ataupun bekerja.
Ruang rekreasi antara Grab & Go dan The Verve. Terdapat juga meja bilyar dan mesin dart di sini.

Singkat kata, Rooms Inc. bisa jadi pilihan saya berikutnya kalau kembali bertandang ke kota Semarang. Selain tempat menginap yang nyaman, jaraknya yang selemparan batu dengan Lawang Sewu terasa sangat sentral. Dari sini saya bisa berbelanja oleh-oleh di Pandanaran serta tentunya Tahu Petis Yudistira kesukaan orang rumah. Bahkan satu pagi saya sempat berkelana ke beberapa tempat makan terkenal di Semarang untuk sarapan dan ngopi.

Satu malam ketika mager, cukup turun sejenak ke DP Mall dan kamu bisa bersantap di restoran-restoran terkenal asal ibukota. Sebut saja Kimukatsu, KOI, Pepper Lunch, ataupun food court-nya yang punya banyak pilihan – termasuk Pempek Ny. Kamto kesukaan saya!

Sudah siap pelesir ke Semarang, gaes?


ROOMS INC. HOTEL SEMARANG

Address:
DP Mall
Jl. Pemuda No.150, Semarang – Jawa Tengah, Indonesia

T: +62 24 8600 1200

Website


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s