10 Hal Seru Selama Island Hopping Menuju Shikoku (Halal Navi, 2017) [BAHASA]

Sepertinya pesona Tokyo-Osaka-Kyoto sebagai tiga destinasi wisata paling masyhur di Jepang memang sulit untuk ditandingi. Bahkan bagi petualang paling berpengalaman sekalipun, sepertinya ketiga kota tersebut masih menyimpan banyak cerita yang harus digali.

Namun marilah kita bertualang jauh sedikit ke bagian barat pulau Honshu dan menuju prefektur Hiroshima (Yup, prefektur dengan ibukota yang pernah mengalami pemboman atom saat Perang Dunia II).

Satu dari sekian banyak jembatan suspensi jalan tol Shimanami Kaido yang menghubungkan Onomichi dengan Imabari Via JNTO

Keseruan yang bisa kamu coba di sini adalah melakukan island hopping dari Hiroshima menuju Ehime melalui jalan tol Shimanami Kaido (atau juga disebut Nishiseto Expressway). Jalan tol sepanjang 60 km ini menghubungkan pulau utama Honshu dengan pulau Shikoku, yang bermula dari kota Onomichi (Hiroshima) kemudian menyeberangi enam pulau kecil sebelum akhirnya tiba di kota Imabari (Ehime). Kali ini, kita akan berhenti dan berpetualang di dua pulau yaitu Ikujichima dan Oshima selama kegiatan island hopping ini.

Titik awal: Onomichi, Hiroshima

Onomichi adalah sebuah kota historis yang selamat dari serangan bom ketika Perang Dunia II dan banyak peninggalan sejarah yang masih utuh hingga sekarang. Mari kita mulai island hopping kali ini dari kota Onomichi!

Tips: Kegiatan island hopping bisa juga dilakukan dengan bersepeda dan sepeda bisa dikembalikan di banyak halte sepanjang rute tol Shimanami Kaido. Penyewaan sepeda bisa dijumpai di area stasiun Onomichi dengan harga sewa ¥ 1,000/hari. Alternatif lainnya bisa juga menumpang bus dari Onomichi ke Imabari lalu kemudian bersepeda dari Imabari ke menuju pulau Oushima dan sekitarnya. Saya sendiri memakai cara yang kedua.

Pro tips: Bagi yang memang berstamina kuat ataupun pesepeda profesional, menikmati rute cantik Shimanami Kaido dengan bersepeda dari Onomichi hingga Imabari menjadi petualangan tersendiri yang pastinya seru!

1. Menikmati pemandangan Onomichi dari ketinggian kuil Senkou-ji

Ketika di Onomichi, kamu bisa menyempatkan berkunjung ke Senkou-ji Park yang terletak di atas bukit pegunungan Daebo dengan ketinggian 140 meter dari atas laut. Di dalam area taman ini terdapat kuil Senkou-ji dan Onomichi City Art Museum yang menyuguhkan pertunjukan seni yang beragam dari waktu ke waktu.

Untuk mencapai area taman ini disarankan dengan menumpang cable car (Senkoji-yama Ropeway). Kalau kamu mau cari spot paling bagus untuk menikmati pemandangan Onomichi, coba deh mampir ke Senkou-ji observation platform. Gratis loh dan masih di area Senkou-ji park juga! Apalagi kalau kamu datang ketika musim Sakura, dijamin nggak bakal nyesel deh jauh-jauh datang ke Onomichi!

Cable car untuk mencapai kuil Senkou-ji via Wikimedia

Informasi Senkou-ji
Alamat
: 19-1 Higashitsuchidocho, Onomichi, Hiroshima
Telephone: 0848-23-2310 (map)
Jam buka: 9am – 5pm (tutup hari Senin, buka jika Senin adalah hari libur umum)
Harga tiket masuk: ¥300 untuk Kuil (Untuk Onomichi Art City Musem harga berubah-ubah setiap pertunjukan)
Website: Kuil Senkou-ji dan Onomichi Art City Museum

2. Berkunjung ke penginapan hipster Hotel Cycle

Adalah ide yang bagus untuk berkunjung ke Hotel Cycle, sebuah penginapan modern yang didesain untuk para pesepeda. Hotel ini menempati sebuah gudang raksasa yang telah direnovasi total. Di dalamnya, Hotel Cycle berbagi tempat dengan toko buku, restoran, coffee shop, bakery, serta tentunya toko perlengkapan sepeda. Tempat yang dinamakan Onomichi U2 ini adalah tempat wajib para hipster untuk hang out dan berfoto-foto!

Interior Onomichi U2 via Archdaily

Informasi Hotel Onomichi U2
Alamat
: 5-11, Nishi-Gosho-cho, Onomichi, Hiroshima (map)
Telephone
: 0848-21-0550
Harga kamar: ¥18,200 untuk standard twin dan ¥22,200 untuk deluxe twin
Restoran ramah MuslimSetouchi Seafood Dinner
Website: Onomichi U2

Selanjutnya: Pulau Ikuchijima

Beranjak dari Onomichi, maka kita akan melewati Pulau Ikuchijima. Di sini sempatkanlah untuk mengunjungi kota kecil nan tenang – Setoda.

3. Museum pelukis terkenal Jepang, Ikuo Hirayama 

Setibanya di Setoda, pastikan untuk mengunjungi museum milik Ikuo Hirayama yang merupakan salah satu pelukis legendaris Jepang yang terkenal dengan lukisan gaya Jepangnya (teknik lukisan yang menggunakan pigmen mineral yang dilarutkan dalam Nikawa, sejenis lem cair).

Ikuo Hirayama Museum via JPVisitor

Lukisannya bertema seputar kebudayaan kota asalnya (Setoda), agama Buddha, dan shitazu (sketsa). Ikuo Hirayama sendiri pernah dinobatkan sebagai duta UNESCO dan penasehat di bidang warisan dunia. Jadi jangan sampai melewatkan lukisan-lukisan terkenalnya di museum ini!

Informasi Museum Ikuo Hirayama
Alamat
: 200-2, Setodacho Sawa, Onomichi-shi, Hiroshima (map)
Telephone: 0845-27-3800
Jam buka: 9am – 5pm
Harga tiket masuk: ¥200
Website: Hirayama Ikuo Museum

4. Mencoba hidangan seafood di restoran Mansaku

Setoda rupanya adalah tempat yang cocok untuk menikmati seafood, dimana salah satu restoran terbaiknya adalah Mansaku yang menyediakan segala menu yang terbuat dari gurita. Restoran ini sangat dekat dengan museum Ikuo Hirayama.

Menu seafood di restoran Mansaku via Dennie Ramon

Kamu bisa memesan rice meal set nya yang berisi nasi, mie soba (hangat), sashimi, salad, jeruk, dan acar. Ketika memesan makanan di sana jangan lupa tunjukkan Muslim dietary card ini agar mereka tidak menaruh mirin yang mengandung alkohol di menu tersebut.

Informasi Restoran Mansaku
Alamat
: 530-1 Setodachō Setoda, Onomichi-shi, Hiroshima (map)
Telephone: 0845-27-3028
Jam buka: 11am – 3pm
Harga rice meal set: ¥1380
Info lebih lanjut: Mansaku

5. Berpetualang di Kuil Kousan-ji

Selesai bersantap, mampirlah ke kuil Kousan-ji yang megah untuk berjalan-jalan di sekitar area kuil ini. Kuil Kosanji ini dibangun dalam kurun lebih dari 30 tahun oleh seorang pengusaha Jepang. Banyak bangunan-bangunan dari kuil ini dibuat menyerupai kuil-kuil terkenal di Jepang.

Megahnya Kuil Kosanji

Di antara yang bisa disaksikan di sini adalah replika gerbang Nikko dan juga Byodoin Phoenix Hall. Di kuil ini juga terdapat goa memanjang yang digunakan untuk memajang gambar-gambar ilustrasi nerakanya agama Budha. Serem!

Informasi Kosanji
Alamat
: 553-2, Setoda, Onomichi-shi, Hiroshima (map)
Telephone: 0845-27-0800
Jam buka: 9am – 5pm
Harga tiket masuk: ¥1400 (termasuk dengan Miraishin no Oka)
Website: Kousanji

6. Miraishin no Oka

Masih di area Kosanji dan menyusuri bukit di bagian belakang kuil ini maka kamu akan menemukan Miraishin no Oka – sebuah monumen yang kesemuanya terbuat dari marmer. Miraishin no Oka sendiri secara harfiah memiliki arti “Height of eternal hope for the future”.  Di Miraishin no Oka ini terdapat beberapa patung abstrak dengan salah satu patungnya yang terkenal adalah Tower of Light yang berada di puncak bukit.

Miraishin no Oka yang terbuat dari batu marmer via trip101

Informasi Miraishin no Oka
Alamat
: 553-2, Setoda, Onomichi-shi, Hiroshima (map)
Telephone: 0845-27-0800
Jam buka: 9am – 5pm
Harga tiket masuk: ¥1400 (termasuk dengan kuil Kosanji)
Website: Kousanji

7. Sunset viewing di Kirosan Panorama Park

Lima pulau kini telah kita lalui dan Oushima menjadi pulau terakhir sebelum akhirnya kita mencapai Shikoku. Sebelum menyeberang, melipirlah sejenak menuju Kirosan Panorama Park. Dari ketinggian 300 meter di atas permukaan laut ini kita bisa menyaksikan pemandangan yang luar biasa indah!

Pemandangan sunset dari Kirosan Panorama Park

Bayangkan sebuah panorama yang tidak terhalangi sejauh mata memandang yang memperlihatkan hehijauan perbukitan Oushima, kemegahan jembatan suspensi Kurushima-Kaikyo, dan kota Imabari sebagai gerbang masuk ke Shikoku. Bila tepat kamu mencapai Kirosan di kala senja, saksikanlah indahnya matahari keemasan yang tengah terbenam yang menyinari perairan Setouchi serta kapal-kapal yang melaluinya. Maka bersiaplah untuk takjub!

Informasi Kirosan Panorama Park
Alamat : 
Yoshiumi-Cho, Minamiura, 487-4, Imabari (map)
Jam buka
: 24 jam

8. Bersepeda melalui Jembatan Kurushima-Kaikyo

Imabari menjadi tempat yang cocok untuk mengakhiri hari sebelum lebih jauh kita bertualang lebih jauh ke dalam pulau Shikoku. Namun sebelum itu, keesokannya kenakan sepatu olah raga dan lakukan pemanasan karena kita akan mengunjungi Sunrise Itoyama Cycling Terminal di Imabari untuk bersepeda santai di pagi hari.

Jalur sepeda di Kurushima-Kaikyo via Japan Times

Bayangkan bersepeda santai di atas jembatan megah ini sembari menikmati sejuknya udara musim semi dan pemandangan laut Setouchi serta pulau-pulau di sekitarnya. Akhiri perjalanan di terminal Yoshiumi Iki-Iki Kan dan bersiaplah untuk kegiatan seru berikutnya di sana.

Informasi Penyewaan Sepeda Sunrise Itoyama
Alamat
: 2-8-1 Sunaba-cho, Imabari City, Ehime (map)
Telephone: 0898-41-3196
Jam buka: 8am – 8pm (April – September), 8am – 5pm (April-Maret)
Harga sewa sepeda : Dewasa, ¥1,000/hari dan ¥1,000 deposit.
Anak-anak dibawah 12 tahun, ¥300/hari dan ¥500 deposit.
Sepeda electric, ¥1,500/6 jam dan ¥1,000 deposit.
Sepeda dua tempat duduk, ¥1,200/hari dan ¥1,000 deposit.
Website: Sunrise Itoyama Cycling Terminal

9. Menikmati BBQ di Yoshiumi Iki-Iki Kan

Road Station Yoshiumi Iki-Iki Kan sekilas terlihat seperti sebuah pelabuhan kecil yang sepi, namun siapa yang menyangka tempat ini adalah oasis tersembunyi untuk menikmati seafood lezat!

BBQ seafood via Dennie Ramon

Ada berbagai jenis seafood segar yang bisa kita pilih dan panggang sendiri dengan menggunakan panggangan tradisional shichirin. Jangan kuatir bila tidak terbiasa karena kru yang bertugas akan sigap untuk membantu kamu memanggang hingga sempurna. Pastikan untuk mencoba berbagai jenis kerang, ikan, udang, hingga abalone serta geoduck. Lalu padukan dengan nasi yang telah dicampur dengan ikan sea bream khas Ehime (taimeshi). Nikmat!

Informasi Yoshiumi Iki-Iki Kan
Alamat: 4520-2 Yoshiumi chōmyō, Imabari-shi, Ehime (Located on route 317) (map)
Telephone: 0897-84-3710
Jam buka: 9am – 5pm
Info lebih lanjut: Yoshiumi Iki-iki kan

10. Boat Tour Kurushima

Setelah kenyang, pengalaman seru berikutnya adalah menaiki kapal dan berkeliling di perairan sekitar Oushima dengan Kurushima boat tour. Setelah mengenakan pelampung dan jas panjang, kita akan diajak melihat berbagai pulau kecil seperti pulau Kojima dan Kurushima. Kita juga akan ditunjukkan industri kapal terbesar di Jepang yaitu Imabari Shipbuilding dan yang paling utama adalah fenomena alam berupa pusaran air raksasa. Tur ini berlangsung selama 40 menit.

Pusaran air raksasa via Kaori Square Feet

Informasi Boat Tour Kurushima
Alamat
: 4520-2 Yoshiumichomyo, Imabari City, Ehime (map)
Jam buka: 9am – 4pm
Harga tiket: ¥1,500
Website: Imabari Shimanami

Boat Tour Kurushima mengakhiri sebuah perjalanan seru yang bisa kamu lakukan bahkan sebelum menjelajahi Shikoku. Meskipun Shimanami Kaido hanya berjarak 6o km namun ternyata perjalanan tadi bisa begitu berwarna dan menyenangkan!


Published at: http://blog.halal-navi.com/id/island-hopping-shikoku/

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s