Sydwic, The Whitewashed Hipster Kahvehane from Bandung

Datang begitu pagi ke sebuah cafe untuk menikmati sarapan ringan serta secangkir kopi bisa menjadi pengalaman menarik tersendiri, terkhusus bagi saya yang sudah cukup lama berjalan-jalan ke sana kemari dan menulis mengenai gaya hidup perkulineran di Indonesia selama bertahun-tahun.

sydwic-11 sydwic-3 sydwic-14

Adalah Sydwic, sebuah coffee shop kekinian di Bandung yang tidak jauh dari rumah. Ide untuk merapat begitu pagi ke sini tiada lain karena begitu penuhnya kedai kopi mutakhir ini ketika siang hari telah datang hingga malam menjelang. Tidak hanya itu, Sydwic memang khusus telah buka sejak pukul 7 pagi dan tetap buka hingga selarut pukul 10 malam.

Tiba sekira pukul 7.30, suasana cafe masih kosong melompong. Belum ada barisan pastry yang mengisi display di counter namun sang barista dengan ramah mempersilakan saya duduk terlebih dahulu. Sementara melihat-lihat menu, kondisi cafe sepertinya memang belum siap karena masih ada beberapa hal yang tengah dibersihkan. Tidak hanya itu, banyak juga menu makanan yang belum siap dan sang La Marzocco masih dalam proses kalibrasi.

sydwic-1

Walhasil, pilihan akhirnya hanya jatuh pada sepiring chicken quesadillas dan secangkir cappuccino untuk saya serta teh untuk sang istri.

Lama berselang, sekira 45 menit, sepiring quesadilla akhirnya tiba setelah saya menanyakan sekitar dua kali. Chicken quesadilla tampil dengan penampilan minimalis dengan tomato salsa yang kurang melimpah.

sydwic-8 sydwic-13 sydwic-9

Sementara house blend yang digunakan Sydwic berasal dari Jack Runners dan menggunakan tiga jenis biji kopi. Secangkir cappuccino hangat tiba tidak lama setelah makanan hadir, sesuai permintaan saya. Suhu dan rasa ternyata cukup memuaskan dan Sydwic dari secangkir ini saja sudah cocok untuk kapan-kapan bertandang lagi di lain waktu.

Meskipun tempatnya elok, minimalis, bercahaya, dan kekinian; yang agak disayangkan adalah ketidaksiapan produk-produknya di pagi hari padahal Sydwic buka begitu awal. Terlebih kunjungan ini terjadi di hari Sabtu, hari dimana sebuah usaha F&B semestinya lebih sigap melayani pengunjung yang biasanya lebih membludak dibanding hari biasanya.

sydwic-15 sydwic-12 sydwic-7

Selain ketidaksiapan banyak produk-produknya, saya juga mempertanyakan mengenai waktu penyajian. Ini sebetulnya yang berpotensi menjadi masalah di waktu-waktu ramai. Apakah Sydwic selama ini ternyata memiliki masalah di situ? Sedikit observasi di dunia maya ternyata membuktikan jawaban tersebut dan tidak sedikit yang mengeluh mengenai lambatnya pelayanan. Setidaknya itu lumayan terbukti dari pengalaman saya pagi itu dimana saya menanti hingga pukul 8.30 untuk makanan yang saya pesan padahal saya pesan sejak 7.45 dalam kondisi dimana pengunjung baru saya saja yang hadir.

Sebagai sesama urang Bandung dan aficionado kuliner serta kopi, saya tetap mendukung Sydwic untuk bebenah kekurangan yang satu ini. Sayang sebetulnya tempat yang cantik dan kopi nikmat yang dimilikinya ini malah menjadi kurang berkesan gegara masalah lambat dan servis yang kurang memuaskan.

sydwic-5 sydwic-4 sydwic-2

Semoga di lain kesempatan berkunjung di sini dan setelah beberapa perbaikan, saya berharap Sydwic menjadi destinasi ngopi pilihan saya ketika di Bandung.


SYDWIC
Not halal-certified but halal-friendly
Some dishes are suitable for vegetarians

Address: Jalan Cilaki no. 63, Bandung

Opening hours: Daily, 7am – 10pm


Advertisements

One thought on “Sydwic, The Whitewashed Hipster Kahvehane from Bandung”

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s