Warung Sekar Taji, Rasa Rindu Masakan Rumah Yang Selalu Terobati

Tumbuh besar dengan makanan rumahan Indonesia tentu akan menjadikan siapapun merindu akan kehadirannya, terutama bagi mereka yang merantau.

Dari kaki lima hingga bintang lima, kini begitu mudah menemukan masakan rumahan yang biasa kita kenal selama bertahun-tahun. Sebetulnya mudah untuk melampiaskan rindu ini, yaitu dengan mendatangi warteg terdekat atau memesan nasi goreng di gerobak abang-abang depan rumah dan terpenuhilah rasa kangen itu.

Nah, yang jarang adalah menemukan yang paling unggul di antaranya.

Sering terjadi misalnya di restoran kita menjumpai masakan rumah yang terlampau mahal, pretentious, serta meski sedemikian lezatnya – sulit untuk memenuhi ruang-ruang sepi yang kita ingin isi kini setelah tinggal begitu jauh dari rumah. Adapun di warung-warung kesayangan di dekat rumah, terkadang kualitas maupun faktor higienis acapkali naik turun atau tidak berimbang – terlepas dari harganya yang terjangkau.

Maka menemukan satu warung berbentuk paviliun rumahan yang bersih, rapi, dan ber-AC seperti Warung Sekar Taji di bilangan Panglima Polim ini adalah satu mukjizat tersendiri dalam pengalaman berkuliner saya.

Warung Sekar Taji yang berspesialisasi masakan Jawa Timur ini sepertinya terbilang underrated namun begitu lekat di hati para penikmatnya dan itu kebanyakan datang dari perkantoran di sekitarnya. Jangan mengira dengan datang pagi Anda dapat dengan cepat mendapatkan yang diinginkan, yang ada justru Anda bersaing dengan puluhan atau kadang ratusan nasi kotak yang tengah dipersiapkan untuk makan siang hari ini – entah dari kepolisian setempat maupun kantor-kantor BUMN dan swasta di daerah Jakarta Selatan ini.

Terlalu terlambat menuju makan siang, tentu Anda akan bersaing dengan pendatang manusia sungguhan dan lebih dari itu, bisa jadi Warung Sekar Taji telah tutup. Maka pengalaman membuktikan bahwa kedatangan paling tepat adalah di kala brunch time alias setelah makan pagi dan sebelum makan siang.

Apa yang dipesan selalu menjadi jaminan mutu. Saya pribadi masih berkutat di dua pesanan favorit saya – Nasi Rames Bogana dan Sayur Lodeh. Ya betul, hanya sesimpel ini namun apa yang hadir jauh melebih ekspektasi siapapun.

Warung Sekar Taji 1

Nasi rames milik Sekar Taji ini sungguh istimewa dan penuh dengan citarasa. Tidak hanya datang dari ayam suwir, daging, tempe orek, maupun sambal itu sendiri tapi semua begitu harmonis dan memiliki pendalaman rasa yang sulit ditandingi restoran manapun.

Itupun terjadi pada sayur lodeh yang saya pesan. Tampil sederhana dan selalu straightforward, makanan yang dibanderol sekitar IDR 14,000 ini memiliki kuah santan yang kental, kaya, sekaligus sedikit pedas – cukup untuk membuat lidah dan hati ini berpetualang seru bersama.

Namun tidak hanya itu, Warung Sekar Taji masih memiliki banyak pilihan lain untuk kita semua turut bertualang di dalamnya. Sungguh sayang bila saya pribadi saja terhenti di dua masakan unggul ini. Tahu telurnya saja terang-terang membuat isteri saya kepincut padahal biasanya tidak pernah ia seperti itu. Kejadian ini memang bukan yang pertama untuknya, namun tentu kita semua pernah mengalami bahwa dari pengalaman berharga menikmati sesuatu yang berkualitas, maka runtuhlah segala pengalaman kurang menyenangkan akibat dahulunya pernah mencoba yang berbeda kualitas di tempat lain.

Maka dengan demikian, Warung Sekar Taji telah menorehkan semacam luka rindu yang akan saya biarkan menganga untuk selamanya. Meski terletak cukup jauh dari tempat tinggal, biarkanlah sesekali abang ojek layan antar membawakannya untuk kami di sini namun bila memungkinkan, perjalanan jauh itu akan selalu kami jabani demi memenuhi keinginan itu dan menghargai hasil kerja keras para pemilik warung ini.


WARUNG SEKAR TAJI
Halal-friendly
Some menu are suitable for vegetarians

Address: Jalan Panglima Polim V no. 60, Jakarta – Indonesia

Opening hours: Daily except Sunday, breakfast until late lunch time


Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s