Goodbye Long Queues, Thanks to Amazon Go

Amazon yang kita kenal sebagai toko buku online, kini semakin rajin berinovasi di berbagai bidang bisnis lainnya. Selain turut serta meramaikan jagat perfilman dunia, Amazon juga kini memperkenalkan inisiatif terbarunya di bidang retail supermarket bergaya mutakhir.

Sepertinya yang nanti kita bisa lihat bersama di video, Amazon Go menihilkan permasalahan terbesar dalam berbelanja – mengantri panjang di kasir! Inovasi padat teknologi ini sebetulnya terbilang straightforward, namun tentunya memerlukan akurasi serta manajemen yang mumpuni. Tentu ini sudah dilakoni Amazon selama dua dekade lebih.

Idenya adalah menciptakan supermarket dimana barang-barang yang diambil pengguna aplikasi Amazon Go akan terdeteksi langsung dan billing akan dipotong pada kartu kredit mereka. Bertahun-tahun yang lalu, ide mengambil sesuatu dari rak dan akan terdeteksi sebagai spending pernah saya amati ketika menginap di sebuah hotel berbintang lima.

Adalah dengan mengambil minuman dari kulkas kamar, maka barang yang diambil tersebut akan otomatis masuk ke billing. Sebuah inovasi yang sempat membuat runyam banyak pengunjung tentunya, namun dalam jangka panjang ketika sosialisasi cukup dan masyarakat menjadi lebih mawas tentu saja ini adalah satu bentuk kenyamanan tersendiri.


Video is courtesy of Tech in Asia & Amazon
Picture is courtesy of Wired

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s