Street Food: Rujak Shanghai Encim

Tak akan habis warga Jakarta membicarakan berbagai keseruan berkuliner di daerah Glodok, namun bisa dibilang memang menemukan perkara menemukan yang yakin halal di sini tidaklah mudah.

Nah, sebagai salah satu pilihan yang bisa dibilang memenuhi kriteria tersebut adalah Rujak Shanghai Encim. Berikut adalah keunikan dari jenis rujak yang satu ini.

Rujak Shanghai Encim 1

Memasuki wilayah Pancoran, kamu pasti akan dihadapkan dua pilihan antara memasuki daerah Pasar Petak Sembilan di sebelah kiri atau Gang Gloria di sebelah kanan. Rujak Shanghai Encim justru terletak di dalam sebuah pujasera tidak jauh dari gang legendaris tersebut.

Di sini, satu meja khusus Rujak Shanghai milik Encim Ahung siap untuk melayani pengunjungnya. Rujak Shanghai ini bukan berarti berasal dari Negeri Tiongkok namun konon dahulunya pada tahun 1950, ibunda Encim Ahung pertama berjualan di depan Bioskop Shanghai yang kini tinggal menjadi kenangan.

Rujak Shanghai Encim 2

Keunikan rujak ini tiada lain adalah karena bahan-bahannya. Yang paling utama adalah juhi serta ubur-ubur yang direbus sejenak dan dipotong-potong. Lalu kemudian turut mengiringi adalah kangkung serta lobak. Sausnya sendiri adalah saus tomat homemade yang kental dan disiramkan di atasnya serta diberi bubuhan koya untuk sensasi renyah. Kalau ingin rasa pedas, Encim Ahung sudah mempersiapkan sambal di atas meja.

Memang ada sensasi tersendiri dari rasa rujak ini. Tidak hanya menggunakan bahan yang tidak lazim, namun rujak ini begitu otentik dan sulit dibandingkan dengan rujak mainstream pada umumnya. Racikan milik keluarga Encim Ahung ini konon pernah hendak dibeli ataupun diduplikasi para pesaingnya, namun soal keaslian tentu tidak ada yang bisa mengingkari.

Jadi pastikan berkunjung ke kedai sederhana yang satu ini, pastinya akan disambut ramah oleh Encim Ahung dan asistennya serta dukungan kita semua akan selalu melestarikan bisnis otentik yang telah dibangun selama 66 tahun ini. Selamat mencoba!


RUJAK SHANGHAI ENCIM

Halal-friendly
Suitable for vegetarians

Address:
Jalan Pancoran, Glodok, Jakarta – Indonesia (di dalam pujasera sebelum Gang Gloria)

Opening hours: Daily, 8am – 8pm


Advertisements

2 thoughts on “Street Food: Rujak Shanghai Encim”

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s