Eating with Your Fingers Makes Your Life Healthier!

Satu budaya yang begitu akrab dilakukan di Indonesia dan masih cukup banyak mengundang kernyitan dahi banyak orang dari mancanegara adalah kebiasaan kita menikmati makanan menggunakan tangan.

Tapi believe it or not, rupanya kebiasaan yang satu ini justru bisa menyehatkan tubuh. Tidak lupa, kebiasaan satu ini juga diresepkan sejak zaman Nabi Muhammad SAW secara spesifik.

Mencegah Diabetes Tipe 2

Konon kebiasaan makan cepat justru mendatangkan resiko diabetes tipe 2. Makan dengan menggunakan garpu dan pisau tentu membuat tempo makan kita lebih cepat ketimbang menggunakan tangan. Terlebih dengan menggunakan garpu, kita bisa mengambil lebih banyak makanan dibandingkan dengan tangan dalam satu masa sekaligus.

Memperlancar pencernaan

Meskipun terdengar asing, makan dengan menggunakan tangan dapat membuat pencernaan menjadi lancar. Mencuci tangan berarti menyingkirkan bakteri jahat namun juga bakteri yang baik konon tetap berada di tangan dan menjadi agen yang membantu pencernaan.

Tidak hanya itu, makan dengan tangan berarti mengirimkan sinyal ke otak lebih awal untuk mengidentifikasi apakah makanan tersebut solid atau halus, panas atau dingin, dan otak akan mempersiapkan sistem pencernaan kita dengan lebih optimal.

Mencegah overeating

Orang yang makan dengan menggunakan tangan biasanya memiliki berat tubuh yang lebih ideal dan memiliki kebiasaan tidak terlalu banyak makan. Proses menikmati makanan menjadi lebih fokus karena tangan kita yang terkotori, sehingga kita lebih awas dengan apa dan berapa banyak yang sudah kita makan, serta tentu akhinya tahu kapan harus berhenti.

 


Translated freely from healthierwayoflife.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s