JETRO & Kota Kasablanka Officially Opens Japan Food Festival 2016!

Para penggemar makanan Jepang pasti tidak akan melewatkan event yang satu ini. Ya, Japan Food Festival 2016 baru saja diluncurkan di Kota Kasablanka atas prakarsa JETRO (Japanese External Trade Organization) sampai tanggal 13 November nanti.

japan-food-festival-2016-2

Pada kesempatan kali ini, Japan Food Festival memperkenalkan lima gerai makanan khas Jepang yang direpresentasikan oleh brand-brand berbeda. Tidak hanya itu, beberapa menu yang dikenalkan gerai-gerai ini jarang ditemukan dimanapun!

Setelah pembukaan berlangsung meriah 31 Oktober 2016 yang dihadiri segenap rekan media, blogger, dan para exhibitor; maka tiba saatnya bagi saya untuk langsung bersantap! Di hari perdananya, bertepatan dengan waktu makan siang, festival ini berlangsung seru dan ramai, dimana para pengunjung tidak segan mencoba satu-satu dari apa yang tersaji serta berbagi keceriaan bersama.

japan-food-festival-2016-10

Bagi kebanyakan, tentu kesempatan seperti ini adalah seperti membuka mata akan keberadaan banyak masakan yang sebelumnya kurang dikenal di Jakarta namun hanya terlihat di tayangan televisi atau social media.

japan-food-festival-2016-12

japan-food-festival-2016-5

Sebut saja Enokiya yang memperkenalkan menu dango, daifuku dan dessert jenis lainnya yang dikombinasikan dengan berbagai balutan rasa dan isian. Ini adalah satu jajanan manis yang jarang tersaji di restoran-restoran Jepang di negeri ini dan lazimnya hanya bisa ditemukan di berbagai tempat wisata atau kegiatan festival budaya di Negeri Sakura.

japan-food-festival-2016-7

Berlanjut ke hidangan utama, ada tiga jagoan yang memperkenalkan kekhasannya masing-masing. Yang pertama adalah Ringer Hut asal Nagasaki yang memiliki ratusan cabang di seluruh Jepang dan terkenal dengan chanpon – yang pastinya akan mengingatkan kita langsung pada ramen. Namun bedanya tentu dengan berbagai jenis sayuran yang menjadi topping-nya serta kuah putihnya yang kaya rasa. Chanpon sendiri dipengaruhi masakan China dan dari segi rasa pastinya akan mengingatkan pada makanan sehari-hari kita yang bertemakan Chinese food.

japan-food-festival-2016-9

japan-food-festival-2016-1

Kedua adalah Sushi Kaz asal Tokyo yang mempersembahkan sushi dengan gayanya yang khas serta chirashi don yang pastinya sudah tidak asing lagi. Jenis sushi yang diperkenalkan toko sushi yang sudah berumur 25 tahun ini menggunakan torched beef dan dibentuk menjadi maki maupun sushi. Soal rasa jangan ditanya lagi – belum pernah menemukan sushi daging sapi yang rasanya seserius ini enaknya!

japan-food-festival-2016-11

Ketiga, tiada lain dan tiada bukan adalah toripaitan ramen yang dimiliki oleh Menya Takeichi. Beberapa ramen house di Jakarta memang sudah memperkenalkan varian ini namun yang mengejutkannya adalah bahwa sajian milik Menya Takeichi ini memiliki kedalaman rasa yang luar biasa untuk kuahnya serta mie kenyal dan chasiu ayam yang khas. Sungguh boleh ditanding dengan jagoan manapun di Jakarta yang memiliki menu toripaitan ramen.

japan-food-festival-2016-6

Terakhir sebagai penutup, tidak lupa Fujisan Taiyaki mempersembahkan taiyaki alias “kue ikan” yang memiliki berbagai jenis filling seperti anko (pasta kacang merah), keju, serta tentunya matcha (pasta teh hijau) yang sungguh lezat. Baru kali ini sepertinya saya menemukan pasta matcha dengan tekstur silky dan rasa yang imbang antara manis serta karakter teh-nya. Rasa pahit yang lazim ditemui di tempat lain seakan hilang dan bila disandingkan dengan taiyaki yang renyah dan hangat tentunya sungguh nikmat!

Di samping itu Eat & Eat juga turut berpartisipasi menyiapkan beberapa gerainya seperti takoyaki serta beberapa jenis dessert khas Indonesia. Terletak di tengah-tengah Food Society, Japan Food Festival tentunya akan menarik perhatian banyak orang khususnya di akhir pekan.

japan-food-festival-2016-4

Japan Food Festival sendiri berfungsi sebagai test kitchen bagi para brand yang membuka gerainya di sini. Beberapa di antaranya bahkan sudah merencanakan membuka cabang mereka di Jakarta dalam beberapa waktu ke depan serta beberapa tengah mempersiapkan diri dengan sertifikasi halal agar bisa menjangkau khalayak luas.

japan-food-festival-2016-8

Nah, sekarang giliran kamu yang mampir dan bersantap di sini. Japan Food Festival siap memuaskan jiwa foodies kalian sepanjang jam buka mall Kota Kasablanka. Selamat menikmati!


JAPAN FOOD FESTIVAL | Food Society – Kota Kasablanka | Jalan Casablanca Raya Kav. 88, Jakarta – Indonesia

Opening hour: Until 13th November 2016 only, 10am – 10pm


Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s