TGA Appreview: OpenSnap – Cook, Dine Out, and Share Your Snaps

Selamat datang di OpenSnap! Sebuah aplikasi yang didesain khusus untuk petualangan dan interaksi para pecinta makanan di Asia. Berikut adalah ulasan singkat saya dari kacamata seorang foodie dan pengguna gadget kelas kakap.

OpenSnap (2)

Harus dimaklumi memang demam kuliner sudah sedemikian merasuki seluruh lapisan masyarakat di seluruh dunia dan tidak terkecuali Asia serta Indonesia. Berkat dorongan dari berbagai siaran televisi, munculnya banyak restoran baru, kehadiran para chef selebriti, serta tentunya semangat menjelajahi para foodie inilah yang menyebabkan demam kuliner rasanya tidak akan (pernah) berhenti.

Di sisi lain, perkembangan teknologi telah memungkinkan kita untuk mengakses informasi serta berbagi kepada sesama karena bermunculannya website serta aplikasi yang khusus dirancang untuk kebutuhan ini.

Sebut saja OpenRice yang sudah sekian tahun ini menjadi rujukan resmi para pencari informasi restoran serta sajiannya. Sebagai buah kreativitas para penggagasnya; muncullah OpenSnap yang menjawab kebutuhan para foodie untuk dapat mengakses informasi secara mudah, rinci, serta berbagi keceriaan dengan sesama pecinta makanan lainnya.

Fitur-fitur utama

Segera setelah mendaftar, layar utama tampil dengan desain cermat yang memungkinkan pengguna dengan mudah dapat memutuskan apa yang dicari pertama kali.

OpenSnap (3)

Misalkan saja pemilihan kota. Berkat database OpenRice yang sudah terbangun lengkap sekian lama, pengguna dapat memilih bertualang di kota-kota lokal seperti Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya, Semarang, Yogyakarta dan lain-lain. Atau misalkan bila kita tengah berwisata ke mancanegara, pilihan kota begitu banyak dari negara-negara seperti Cina, Hong Kong, Macau, Taiwan, India, Malaysia, Filipina, Singapura, serta Thailand. Sehingga jelas, faktor database yang lengkap menjadi keunggulan tersendiri bagi OpenSnap khususnya di Asia Timur dan Tenggara dibandingkan aplikasi-aplikasi lainnya.

Selain dari fitur pilihan kota yang begitu banyak ini, OpenSnap merancang bagian slider yang berisi pilihan para editor serta sayembara-sayembara berhadiah seru yang berganti setiap saat. Setidaknya ini awal yang bagus untuk terus menggali berbagai fungsi aplikasi seru ini.

OpenSnap (4)

Lalu tibalah pada keputusan untuk memilih tempat makan. Selain tempat-tempat makan yang bisa dipilih sebagai bookmark atau mengandalkan GPS untuk memilihkan yang terdekat pada menu Nearby, OpenSnap juga membantu mengkategorikan dari segi wilayah yang bisa kita atur sesuai daerah yang kita sering kunjungi.

OpenSnap (4)

Ingin mengejar aspirasi kekinianmu? Cobalah masuk ke kategori New Restaurant atau Editor’s Pick. Bila ingin sesuai jenis masakannya, jangan khawatir, rupanya OpenSnap juga sudah mengkategorikan sesuai genre masakan mulai Indonesian, Chinese, dan lain-lain hingga ke yang spesifik seperti street food serta yang buka hingga larut malam. Misalnya saja kesukaan saya adalah mencari tempat makan halal terbaik di Jakarta. Kategori inipun tersedia di OpenSnap.OpenSnap (13) OpenSnap (14)

Foodporn sharing

Sulit memang memisahkan fungsi social media dari munculnya berbagai aplikasi di Android serta iOS di masa ini. OpenSnap rupanya sudah menyiapkan fungsi yang cukup menyeluruh ketika berkaitan dengan makanan.

OpenSnap (6)

Fungsi paling utama adalah photo uploading. Pada menu ini, kita dapat segera berbagi foto yang kita ambil langsung atau yang sudah terdapat di dalam database handphone bila ingin diberikan filter terlebih dahulu.

Fungsi-fungsi dalam fitur photo sharing
Fungsi-fungsi dalam fitur photo sharing

Bila ingin segera berbagi cepat, OpenSnap telah menyiapkan fungsi-fungsi mendasar seperti rotating atau cropping namun ada juga berbagai filter instan yang dapat dipakai langsung untuk mempercantik foto makanan yang baru saja kita ambil.

Berbagai filter yang tersedia
Berbagai filter yang tersedia
Emoticons!
Emoticons!
Pengaturan cahaya untuk membantu foto dalam kondisi low light
Pengaturan cahaya untuk membantu foto dalam kondisi low light

Tidak hanya di situ, puluhan emoticon tersedia untuk turut menghiasi foto yang ingin kita share. Tidak lupa tentunya, fitur pengaturan cahaya tersedia untuk mengoptimalkan kualitas foto sebelum siap untuk pengunggahan. Menu-menu basic ini sangat bermanfaat bagi para foodie yang ingin bersegera sharing secara praktis dan hanya menggunakan handphone, bahkan pada kondisi low light.


OpenSnap (11)OpenSnap (12)Tentunya selain sekadar mengunggah foto, OpenSnap melengkapi fitur ini dengan mengajak kita mengisi tambahan informasi seperti nama makanan tersebut, dimana tempat kita menikmatinya, harga, hingga tags dan fungsi sharing di channel socmed lainnya.

Lebih menariknya lagi, rupanya OpenSnap juga dengan sigap memberikan tambahan kategori untuk foto-foto di luar foto makanan di restoran seperti foto interior, foto selfie, hingga foto masakan di rumah. Dengan demikian OpenSnap mengajak kita berbagi pengalaman foodie seluas mungkin dengan para pecinta makan lainnya!

Fitur social media di OpenSnap

Tentunya kurang rasanya bila hanya sekadar mengunggah foto. Tidak berhenti di sini, OpenSnap membuka kesempatan bagi penggunanya untuk langsung berinteraksi. Mulai dengan saling memberikan love kepada foto yang kita suka, para user juga dimungkinkan untuk saling follow diantara sesamanya.

OpenSnap (5)

Kejelian OpenSnap rupanya tidak berhenti di situ. Selain memberikan credit lebih kepada para user yang rajin mengunggah foto dengan menampilkan mereka di halaman atas, ternyata apabila kita memasuki pilihan find foodies kita akan mendapati bahwa para selebritas lokal dan mancanegara turut memenuhi daftar foodie yang bisa kita follow. Di sini terlihat bahwa para selebritis ini ternyata rajin menggunakan aplikasi ini dan tentunya seru juga untuk bisa mencari tahu serta mencicipi apa yang mereka nikmati.

OpenSnap (16)

Maka satu pesona terakhir yang pastinya menggugah siapapun yang masih bertanya-tanya mengenai OpenSnap adalah kesempatan memenangkan begitu banyak hadiah. OpenRice sendiri terkenal dengan kesempatan bagi-bagi hadiahnya dan tentunya hal ini berlanjut ke OpenSnap. Setelah saya telusuri ternyata kesempatan ini tidak hanya datang sesekali namun seringkali!

OpenSnap dari sisi teknis

Terakhir yang tidak boleh lupa saya bagi adalah kualitas aplikasi dari segi teknis. OpenSnap secara penampilan sukses untuk menciptakan desain yang cukup optimal dan kelancaran akses dari fitur satu ke fitur yang lain. Tidak pernah saya temukan adanya crash atau kegagalan ketika mengunggah foto.

Namun alangkah akan lebih optimal sekiranya cropping foto dapat diatur lebih lebar lagi secara dimensi baik secara vertikal maupun horizontal. Other than that, aplikasi ini terbilang jempolan untuk kualitas keseluruhan.

Sepertinya sudah tidak layak lagi menahan diri untuk segera mencoba lebih jauh OpenSnap di smartphone kita. Selain fitur-fitur dan kemudahannya, tentunya saya pribadi saja tidak sabar bersaing untuk mendapatkan hadiah-hadiah seru di salah satu sayembara yang tengah berlangsung.

Nah, bagaimana dengan Anda? Sudah siapkah berpetualang makan-makan dan foto-foto? Saya nantikan penampilannya di aplikasi ini.

—–

OpenSnap is available for free download at Android and iOS

Website

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s