Hajime Ramen – From Tokyo to Jakarta with the steak ramen as its best!

Sebetulnya terbilang jarang bagi saya untuk bertandang hingga ke wilayah barat Jakarta untuk berpesiar kuliner karena satu dan lain hal. Namun di siang hari yang terik itu, saya mendapat alasan spesial untuk memacu sang kuda besi untuk sebuah jarak yang terbilang cukup jauh dari tempat saya tinggal.

Alasannya kali ini adalah untuk menyambut kedatangan Hajime Ramen, sebuah restoran ramen dengan formula unik yang berasal dari Tokyo. Sebuah alasan yang valid apalagi bila ditujukan khusus untuk bersantap siang!

Hot Plate Beef "Hajime"
Hot Plate Beef “Hajime”

Tiba di bilangan Pantai Indah Selatan, banyaknya ruko dengan berbagai peruntukan terlihat sejauh mata saya memandang. Ketika arena pergaulan kuliner seolah tertuju pada Pantai Indah Kapuk ke sisi jauh di sebelah barat, Hajime Ramen tanpa gentar berdiri di sebuah wilayah yang belum terkoyak banyak oleh unsur kekinian. Terkadang hanya karena faktor inilah saya memberanikan diri datang untuk mencoba sebuah tempat makan baru seperti halnya berkunjung ke restoran-restoran Jepang otentik yang berada di Little Tokyo atau gedung perkantoran di Sudirman.

Setibanya di sana berbagai kesibukan sudah terlihat di seantero penjuru restoran ini, diiringi oleh kedatangan tamu satu per satu untuk bersantap siang. Sebuah tempat di pojok berhasil yang kaya sinar matahari berhasil saya dapatkan dan tentunya ini cocok untuk berfoto-foto berbagai hidangan Hajime Ramen. Maklum semangat kekinian selalu muncul saat berkelana kuliner.

Hajime Ramen sendiri rupanya bukan sembarang restoran ramen pada umumnya. Hanya selang beberapa waktu setelah didirikan pada tahun 2009 di Tokyo oleh Chef Uchida Gen, Hajime Ramen meraih banyak penghargaan kuliner dan masuk ke dalam daftar ramen top di berbagai majalah gaya hidup.

Sebut saja berbagai majalah di Tokyo seperti Time Out, Shokuraku Magazine, Tokyo Walker dan lainnya; mereka semua merekomendasikan Hajime Ramen sebagai a must visit while in Tokyo.

Beef Ramen “Hajime”

Tidak sulit tentunya untuk segera memutuskan apa-apa saja yang harus dicoba dari kunjungan perdana di sebuah restoran ramen. Dua menu istimewa yang merupakan ciri khas dari Hajime Ramen adalah ramen kuah dan ramen hotplate yang masing-masing bisa dipilih dengan topping sirloin steak atau grilled chicken.

Chicken Ramen “Hajime”

Setelah dicicipi, ternyata dari segi rasa begitu mumpuni. Karakter mie di sini terasa lebih tebal dan besar dibanding beberapa restoran ramen pada umumnya atau mie kuning yang sering kita jumpai. Jenis kuah yang dianut oleh Hajime Ramen adalah tipe shio atau kuah bening dengan menggunakan garam sebagai bumbu utamanya. Rasa kuahnya cukup kaya dengan intonasi minyak yang cukup kentara. Menarik bagi lidah saya karena sebelumnya saya lebih terekspos banyak oleh kuah jenis toripaitan atau shoyu.

Salah satu bintang penyeimbang keseluruhan elemen ramen di sini tentunya adalah sirloin steak itu sendiri. Sulit untuk menolak betapa menggodanya Australian sirloin steak berderajat medium-well yang segar dipanggang dengan kedalaman rasa yang begitu juicy berjejer manis di atas semangkuk ramen yang diberikan imbuhan cantik berupa rebung panjang. Tentu ini adalah sebuah trademark khusus yang dimiliki oleh Hajime Ramen. Nikmat!

Steak salad
Chicken karaage
Gyoza

Tidak cukup dengan steak yang berada di atas ramen, kami sebetulnya mencicipi steak salad sebelum hidangan utama tiba. Sang steak salad diiringi dengan sepiring kecil berisi chicken karaage dan gyoza terlezat yang pernah saya rasakan. Ternyata menu pembuka di sebuah restoran ramen benar-benar menjadi pemicu selera yang baik untuk berlanjut ke bintang utamanya.

Ice cream mochi

Sebagai penutup, tidak lupa kami bersama-sama menikmati koleksi warna warni ice cream mochi yang tersedia di sini. Dengan empat pilihan rasa dalam satu sajian, saya rasanya ingin menobatkan dessert ini sebagai salah satu yang paling saya nikmati di Jakarta belakangan ini. Bagaimana tidak; rasa green tea, mango, tiramisu, dan ogura seolah saling menyapa dengan harmoni di dalam lidah ini setelah berkutat dengan berbagai keseruan bersama semangkuk ramen.

Sepulangnya dari sini, saya masih menyimpan sebuah cita-cita untuk mencicipi secara utuh sajian lainnya yang dimiliki Hajime Ramen. Selain kuah toripaitan pedasnya yang menjadi satu elemen baru pada menu di restoran ini, tentunya saya harus mencoba satu porsi ramen hotplate untuk sendiri di lain waktu.

Ataukah mungkin saya harus mencoba berbagai macam menu donburi serta nasi kari-nya? Tampak menarik juga tentunya. Tapi yang pasti, saya ingin berkesempatan mencicipi serunya bersantap di atas piring Doraemon untuk satu menu dari lini Kids Meal! Kenapa tidak?

Demi alasan berpesiar kuliner, tentu akan selalu ada kesempatan untuk melangkahkan lagi kaki ini ke sisi jauh Jakarta atau dimanapun. Hingga kesempatan itu tiba, nantikanlah saya Hajime Ramen! Saya akan kembali.

—–

HAJIME RAMEN
No pork, no lard
Unsuitable for vegetarians

Address:
Ruko Elang Laut Blok C19-20, Jalan Pantai Indah Selatan 1, Jakarta – Indonesia
T: +62.21.2251.0098

Website
Facebook
Twitter
Instagram

—–

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s