Dish That I Crave: Sop Sapi Berkah

Jarang-jarang saya bertandang ke wilayah selatan Jakarta dan mengukur ruas Jalan TB Simatupang kalau bukan karena ada kegiatan berkuliner. Maka sudah jelas satu kesempatan penting ini tidak boleh dilewati dengan mengunjung RM Berkah yang terkenal dengan sop sapinya.

Sop sapi
Sop sapi

Meski berlabel masakan Betawi, rumah makan yang cukup luas dan nyaman ini rupanya lebih mengarahkan sop sapi dan ayam sebagai sajian utamanya. Bahkan bisa dibilang itulah hidangan utama satu-satunya di sini. Dengan tambahan tempe atau perkedel dan semacamnya, ekspektasi yang tersaji dari hidangan sop ini terlihat cukup straightforward dan cocok dengan tambahan nasi hangat saja.

Tapi jangan salah sangka, satu sajian sup sapi yang dilabel dengan harga IDR 50,000 ini memiliki kuah bening melimpah yang kaya rasa, serta daging lamusir yang sudah dimasak cukup lama hingga empuk namun tetap bercitarasa sedap.

Empat potong daging sapi yang cukup besar mungkin sedikit kebanyakan untuk saya sendiri, maka saya memutuskan untuk berbagi. After all, sharing is caring. Hasilnya, senyum dikulum terlihat dari setiap suap demi suap yang dijalani ketika menikmati hidangan hebat ini.

Meskipun demikian, dengan harga yang relatif lebih terjangkau, masih ada satu saingan sop sapi dari daerah Kemayoran yang juga saya sukai. Dari segi rasa tentu cukup bersaing tapi akhirnya ini kembali ke selera masing-masing dan dimana lokasi tempat makan tersebut berada.

Sayangnya untuk kasus ini, saya lebih mudah mengakses ke arah Kemayoran ketimbang Cilandak. Meskipun demikian, pastilah saya akan kembali ke sini suatu hari nanti!

—–

RUMAH MAKAN BERKAH
Halal-friendly 

Unsuitable for vegetarians

Address:
Jl. Jeruk Purut No. 22, Jakarta – Indonesia
T: +62.21.7815.652

Opening hours:
Daily, 4pm – 8pm

Spend: IDR 25,000 – IDR 75,000 / person

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s