DINING: Kopi Progo (TopLife Magazine, Apr-May 2015)

Satu lagi kedai kopi dan restoran asal Bandung datang menghampiri ibukota dengan segala sajian yang dicintai para penggemarnya di Kota Kembang.

Kami perkenalkan, Kopi Progo.

Bayangkan mengarungi samudera keramaian sore hari di jalanan arteri Jakarta Selatan. Banyak yang rela menembusnya demi mencapai rumah sesegera mungkin, namun banyak juga yang mencari pilihan lain dengan menempuhnya belakangan.

Opsi untuk menunggu meredanya kemacetan adalah kesempatan yang bisa ditempuh dengan berbagai cara. Acapkali kita memilih untuk bersantap dan menikmati secangkir kopi terlebih dahulu, khususnya dengan teman-teman yang biasanya bernasib serupa. Terkadang memang ada kalanya kita lelah membayangkan diri terjerumus sesaknya arus balik, dimana biasanya tensi perlahan naik ke ubun-ubun atau setidaknya telapak kaki terasa kebal karena menahan pedal kopling. Bukan tidak mungkin malah keduanya terjadi beriringan!

Kopi Progo terletak tepat di pertigaan Jalan Cendrawasih menuju Jalan Ciputat Rata. Jaraknya dari Arteri Pondok Indah tidak jauh tapi rupanya suasana rileks dan posisinya yang strategis ini begitu menguntungkan bagi kaum penanti berlalunya kemacetan, apalagi kalau tujuannya adalah untuk menyeruput nikmatnya kopi sore.

Setelah bertahun-tahun meniti reputasi di Bandung, Kopi Progo yang kini telah miliki tiga cabang ini datang ke Jakarta dengan menawarkan apa yang telah dinikmati para penggemarnya di sana. Tiada lain tiada bukan tentunya adalah racikan kopi beragam jenis serta berbagai sajian istimewa khas Indonesia maupun Barat.

Rasa lapar menyeruak di sore hari ketika saya datang menghampiri Kopi Progo, seakan perut ini menagih janji makan siang yang tidak saya tepati. Ternyata banyak pilihan seru yang ditawarkan oleh Kopi Progo dan khusus untuk makanan, semuanya dipersiapkan dengan mahir oleh Chef Ica yang saat ini bertanggungjawab untuk mematangkan serta mengembangkan koleksi kuliner di menu Kopi Progo dari Bandung hingga Jakarta.

“Saat ini justru orang ingin lebih menikmati masakan Indonesia”, begitu sahut Chef Ica ketika saya temui, dan begitu pula diamini oleh Febri yang merupakan barista andalan Kopi Progo.

Di bagian paling utama, Kopi Progo memperkenalkan Nasi Barogo yang merupakan interpretasi Chef Ica dari nasi Bali. Sajian nasi putih yang dibentuk segitiga layaknya tumpeng mini diiringi suwiran ayam, sate udang, telur pedas, lawar, dan sambal matah ini tampil memikat hati. Namun ada juga godaan dari buntut sapi bakar yang memesona. Daging buntut yang bermandikan kecap dan sambal ini tersaji cantik dengan kuah berkaldu buntut sapi yang dimasak selama empat jam.

Khusus untuk minuman, Kopi Progo mempersembahkan kreasi cantik berupa ice blended coffee dengan campuran kurma yang menjadi jagoannya di Bandung. Tampak elegan dengan balutan whipped cream, kopi kurma yang telah bercampur es ini terasa bersahabat dan nikmat untuk langsung direguk, berbeda dengan kebanyakan minum iced blended lainnya yang biasanya masih terlampau beku. Tentunya yang patut dicoba juga adalah macam-macam racikan kopi Indonesia yang diolah dengan berbagai metode mulai dengan espresso machine, Siphon, maupun moka pot serta French drip filter.

Begitulah pilihan-pilihan yang saya nikmati di sore hari yang cerah saat itu. Kopi Progo yang tampil nyaman dan bersahabat ini menemani saya dengan sajian-sajiannya yang memuaskan hingga tak terasa waktu membawa saya melalui masa senja hingga gelapnya malam. Sampai kesempatan berikutnya, Kopi Progo!

—–

KOPI PROGO
Halal-friendly
Suitable for vegetarians

Address:
Graha Sumartadinata, Jalan Ciputat Raya no. 102, Jakarta – Indonesia

T: +62.21.2904.4397

Website

—–

As featured in TopLife magazine Apr-May 2015 edition titled “Cafe Van Bandung” (unedited)

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s