Dish That I Crave: Anything from RM Sungai Kalu!

Tak terasa hampir setahun berlalu sejak terakhir saya bertandang ke penghujung selatan Sumatra Barat ini. Tentu setiap kota maupun kabupaten di negeri ini memiliki berbagai restoran kebanggaannya, namun bagi Solok Selatan salah satunya adalah RM Sungai Kalu.

RM Sungai Kalu II 1

Tidak jauh sebelum mencapai perkampungan yang dikenal dengan “seribu” rumah gadangnya, RM Sungai Kalu berdiri sejak masa dimana jalan raya ini masih terbuat dari tanah. Di Jalan Raya Muara Labuh – Padang ini, RM Sungai Kalu menjadi opsi terbaik untuk rehat sejenak dan bersantap sebelum melanjutkan perjalanan menuju atau dari propinsi Jambi.

Meskipun terletak di sebuah desa kecil, RM Sungai Kalu begitu cepatnya dipenuhi pengunjung di kala jam-jam makan. Saya pribadi yang sudah berkunjung dua kali ke daerah ini sangat menyarankan untuk berhenti dan mengisi perut di restoran ini sebelum melanjutkan perjalanan. Terbukti pada saat sekembalinya kami dari Padang Aro, perjalanan panjang hingga lima jam harus kami lalui untuk mencapai kota Padang. Sayangnya saat itu saya belum berkesempatan mencapai Jambi.

Tapi marilah kita bercerita sedikit tentang makanannya. Persis seperti tahun sebelumnya, saya selalu menyempatkan bersantap aneka hidangan yang berhiaskan lado mudo di sini. Kekhasan RM Sungai Kalu adalah belut goreng serta ayam goreng cabe hijau yang juga dilengkapi dengan kentang goreng. Tentu jangan ketinggalan pula mencoba berbagai pilihan lainnya di sini.

RM Sungai Kalu II 2 RM Sungai Kalu II 3

Panas terik pegunungan di siang hari akan terobati dengan menikmati sepiring penuh nasi dengan belut goreng renyah ini. Sambal hijaunya segar tiada tara dan begitu pula bila ditemani dengan segelas es jeruk. Rasa penat dari perjalanan jauh seakan terobati dengan begitu cepat.

Namun sayang di saat bernostalgia seperti sekarang ini, RM Sungai Kalu begitu jauh dan sulit untuk ditempuh. Semoga di lain masa kita akan berjumpa lagi.

Bila beruntung, kita akan bertemu lagi di Tour de Singkarak 2015!

PS:
Bila cabang yang satu ini terlewatkan, jangan khawatir. RM Sungai Kalu II terletak sedikit lagi ke selatan setelah desa rumah gadang. You won’t miss it.

—–

Check out my first post about RM Sungai Kalu:
https://gastronomy-aficionado.com/2013/06/15/rm-sungai-kalu/

—–

RM SUNGAI KALU
Halal-friendly
Unsuitable for vegetarians

Address:
Jalan Raya Muara Labuh – Padang,
Kec. Koto Parik Gadang, Solok Selatan Regency,
West Sumatra – Indonesia

T: +62.821.7184.0311 / +62.812.6102.7117

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s