Halal Eat Out: Sushi Bar

Pujian lebih harus diberikan kepada Sushi Bar yang kini menjadi salah satu dari sedikit pemain F&B yang berkonsentrasi pada masakan Jepang halal.

Mengkhususkan dirinya pada sushi dan sashimi, Sushi Bar mengikuti jejak D’Sushi Bodo yang telah lebih dahulu mendapatkan sertifikasi halal serta belakangan diikuti pula oleh Sushi Miya8i.

Sushi Bar 6

Sushi Bar 7

Setelah sukses membuka cabang yang ramai dikunjungi para penggiat makanan halal dan penikmat sushi di Jakarta, baru-baru ini saya bertandang ke markas baru Sushi Bar yang berlokasi di Bandung. Di mall Bandung Electronic Center yang baru dibangun perluasannya, Sushi Bar menempati sudut yang luas dan lebih nyaman ketimbang cabang langganan saya di Kuningan City, Jakarta.

Berangkat dari kebutuhan kota Bandung akan kehadiran restoran sushi halal, rupanya kesempatan ini dibidik dengan cepat dan hasilnya adalah sebuah kepuasan tersendiri bagi saya selaku orang Bandung dan saya harap tentunya para penggila sushi yang sudah semakin sadar akan banyak titik kritis kehalalannya.

Sushi Bar 3

Lupakanlah sejenak kontrol ketat dengan 75 tahun pengalaman di bisnis ini layaknya seorang Jiro Ono, atau berbagai restoran dengan koki asli Jepang maupun mereka-mereka yang sudah lebih dahulu sukses di bisnis ini, tapi lihatlah usaha Sushi Bar dalam meriset berbagai kekhususan yang harus dimiliki sebuah restoran Jepang.

Sebagai contoh, Sushi Bar telah menciptakan soy sauce, gari, serta wasabi mereka sendiri. Tentunya berbagai jenis saus dan persiapan nasi untuk sushi telah berhasil melewati standarisasi halal dari MUI. Tidak hanya itu, buku menu dari Sushi Bar sendiri berisi begitu banyak pilihan. Banyak yang tidak otentik atau diformat seperti aslinya di Jepang memang, tapi inilah sebuah awal yang baik bagi perkembangan restoran Jepang halal di Indonesia.

Sushi Bar 4

Pilihan biasa saya umumnya berkisar pada berbagai maki atau sushi roll yang mengikutsertakan volcano sauce ciptaan Sushi Bar yang kaya, gurih, sekaligus pedas. Beberapa maki tradisional mereka yang mengandung kappa, telur, maupun tekka dan salmon juga ternyata layak dicoba.

Satu kekurangan yang tentunya harus bisa diperbaiki adalah proporsional potongan maki yang terkadang tidak seimbang, namun untungnya kesegaran bahan cukup baik di sini.

Sushi Bar 2

Selain itu, sayangnya paket beef teriyaki di Sushi Bar sepertinya tidak terformat secara otentik. Tumisan daging sapi ini terasa terlalu kering dan kuah supnya belum ditemani oleh miso shiru namun sebuah sup berisi banyak potongan wortel dan cabikan salmon yang masih mengandung banyak tulang.

Ada baiknya memang Sushi Bar sebaiknya berkonsentrasi di ranah sushi saja bila demikian, kecuali memang ada perencanaan untuk perkembangan lebih lanjut di segmen ini.

Sushi Bar 1

Secara keseluruhan, saya ingin merekomendasikan Sushi Bar kepada para penikmat makanan halal di Indonesia. Selain memang sudah tersertifikasi, diantara para rekan-rekan halalnya ternyata Sushi Bar-lah yang paling mampu mendekati kesejatian restoran Jepang yang non-halal pada umumnya. Meskipun tentunya masih banyak ruang yang masih harus diperbaiki dan itu hanya akan terbukti dengan waktu serta kesetiaan yang harus mereka peroleh dari para penikmat masakan Jepang.

—–

SUSHI BAR
Halal-certified
Some menu are suitable for vegetarians

Address:

  • Kuningan City, LG
    Jalan Prof. Dr. Satrio, Jakarta – Indonesia
  • fX Sudirman, F2
    Jalan Jend. Sudirman, Jakarta – Indonesia
  • BEC 2, LG
    Jalan Purnawarman, Bandung – Indonesia

Opening hours:
Daily, mall opening hours

Website

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s