Halal Eat Out: Aquamarine (Marina Mandarin Hotel, Singapore)

Siapakah yang berhak menyangsikan betapa membahagiakannya bersantap makanan segala ada dan sekenyang mungkin di restoran utama berbagai hotel berbintang lima dimanapun?

Umumnya all-day dining restaurant sejenis ini biasanya menyajikan begitu banyak pesona di setiap buffet-nya. Dimulai dari makanan pembuka seperti sup, salad, atau cold cuts. Setelah itu ketika masuk ke makanan utama, semakin banyak lagi pilihan yang bisa kita nikmati.

Tidak hanya itu, makanan penutup juga tersaji lengkap mulai dari buah-buahan, kue-kue, hingga es krim. Begitu banyaknya opsi membuat semua orang seakan berlomba-lomba untuk mencoba semuanya.

Tapi sudahkah Anda memeriksa kehalalannya? Inilah yang biasanya tidak pernah masuk ke dalam pertimbangan banyak orang di Indonesia.

Aquamarine 5

Kita mesti bersyukur bahwa masih banyak hotel bintang lima di Jakarta, pada khususnya, yang tidak menyediakan panganan yang terbuat dari babi (atau setidaknya dipisahkan pada satu buffet tertentu saja dan biasanya dimasak juga secara terpisah). Tetapi bagaimana dengan bagian masakan Jepang atau Cina, apakah kita sudah yakin bahwa makanan tersebut tidak dimasak dengan mirin atau angciu? Atau misalkan dengan makanan lainnya, apakah tidak dimasak dengan sejenis alkohol atau bahan-bahan subhat (meragukan) lainnya?

Bila ingin lebih detail lagi maka telitilah pula dengan berbagai pilihan roti, kue, dan produk pastry lainnya yang begitu banyak titik kritis kehalalannya. Bahkan es krim sendiri juga tidak kalah rentannya.

Sayang memang di Indonesia permasalahan seperti ini kurang diperhatikan baik dari segi bisnis maupun untuk kenyamanan para pengunjungnya. Ironisnya di negara yang bukan mayoritas Muslim seperti Singapura, ternyata sudah ada beberapa all-day dining restaurants yang menjalankan usahanya dengan memegang sertifikasi kehalalan.

Aquamarine 2

Aquamarine di Marina Mandarin Hotel adalah salah satunya. Selain memang karena didorong oleh manajemen yang melek dengan peluang bisnis dan rasa perhatian pada kepentingan pengunjungnya, ternyata mereka membuktikan bahwa sertifikasi halal ini bisa diusahakan untuk sebuah restoran buffet.

Menurut penuturan seorang pejabat hotelnya langsung, beliau menceritakan bahwa proses sertifikasi ini membutuhkan waktu yang cukup lama dikarenakan banyak faktor yang harus dipelajari terlebih dahulu. Begitu banyaknya bahan yang dipakai serta menu yang tersedia mengharuskan MUIS (badan urusan agama Islam di Singapura) untuk bekerja detail dan meneliti hingga ke akarnya. Selain itu tentu yang harus diperhatikan adalah konsistensi dapur hotel dalam menyajikan makanan halalnya.

Aquamarine 3

Layaknya juri Michelin Guide, para petugas MUIS juga bekerja baik secara resmi maupun datang sebagai tamu anonim. Begitu pula layaknya para juri Michelin Guide yang bisa memberikan bintang atau menguranginya, MUIS juga berhak mencabut sertifikasi halal bila restoran tersebut tidak lagi konsisten. Konon terdapat satu hotel berbintang di Singapura yang melakukan kenakalan ini dan tentu tidak segan MUIS menindaknya dengan tegas.

Kembali ke Aquamarine, ternyata masakan halal di sebuah all-day dining restaurant tidak hanya membuat hati saya tenang, namun juga berbahagia dengan kenyamanan bersantap masakan Cina maupun Jepang pada khususnya. Silih bergantinya menu di setiap harinya tidak juga membuat saya risau, apalagi dengan demikian para pengunjung tidak menjadi bosan dan akan selalu menemukan warna baru dalam setiap kunjungan mereka ke sini.

Aquamarine 4

Tidak hanya itu, kualitas pada umumnya juga ternyata cukup memuaskan. Terkhusus ketika makan pagi, biasanya saya melengkapi menu makan saya dengan semangkuk bubur khas Cina yang saya imbuhi dengan acar, ikan, dan juga cakwe utuh. Biasanya cakwe, atau yang lebih dikenal dengan youtiao atau Chinese cruller, sudah dipotong2 terlebih dahulu bila di Indonesia. Kenikmatannya tentu berbeda!

Tentunya, pesona Aquamarine tidak berhenti di situ. Masih banyak masakan lain yang patut dicoba dan kini adalah giliran Anda untuk bertualang ke sana.

Enjoy your peace of mind!

Aquamarine 6

—–

Check out Aquamarine’s menu here

—–

AQUAMARINE
Halal-certified (each buffet)
Some menu are suitable for vegetarians

Address:
Marina Mandarin
9 Raffles Boulevard, Marina Square, Singapore

T: +65.6845.1111

Opening hours:
Breakfast: 6.30am – 10.30am
Lunch: Monday to Friday, 12.00pm – 2.30pm
Saturday, Sunday and Public Holiday, 12.00pm – 3pm
Dinner: 6.30pm – 10.00pm

Website

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s