Halal Facts: Cara Mudah Membedakan Bakso Sapi dan Bakso Babi

Meatball

Khawatir bakso yang Anda konsumsi mengandung daging babi? Agar tak tertipu, konsumen sebaiknya mengetahui cara praktis memilih bola-bola daging bakso yang baik dan pasti halal.

Berdasarkan serial twit yang dikicaukan pendiri Halal Corner, Aisha Maharanie, istilah bakso sendiri berasal dari kata Bak-So. Dalam bahasa Hokkien, secara harfiah Bak-So berarti daging babi giling. “Karena kebanyakan penduduk Indonesia adalah Muslim, maka daging giling babi diganti dengan sapi, ikan atau ayam,” katanya Rabu (26/2). 

Agar penggila bakso bisa bersantap dengan nikmat, ada baiknya menyimak cara mudah membedakan bakso sapi dan bakso babi :

1. Aroma daging babi lebih banyak lemaknya sehingga menimbulkan aroma lemak tajam dibandingkan sapi. Jadi jangan ragu mencium daging bakso sebelum menelannya bulat-bulat. 

2. Warna bakso babi dan sapi nyaris sama, tetapi jika dipotong warna lebih pucat dibandingkan sapi yang merah kecoklatan. 

3. Tekstur bakso babi lebih halus, lembut dan berminyak. Ini berbeda dengan bakso sapi yang kesat, nyaris kering dan berurat. 

4. Ukuran bakso babi lebih besar dibandingkan bakso sapi karena teksturnya lembut dan cenderung dibuat dengan ukuran besar. 

5. Harga bakso babi umumnya lebih murah dibandingkan harga bakso sapi. 

6. Jika harga bakso sapi lebih murah bisa jadi ada campuran babi atau tepung kanji yang lebih banyak. 

—–

Red: Nidia Zuraya
Rep: Meiliani Fauziah

Source: http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/kuliner/14/02/26/n1krrk-cara-mudah-membedakan-bakso-sapi-dan-bakso-babi

Image courtesy of Conde Nast

Advertisements

3 thoughts on “Halal Facts: Cara Mudah Membedakan Bakso Sapi dan Bakso Babi”

  1. 1. Babi bukan aromanya lebih “tajam”, tapi wangi. Malah sapi agak amis, jadi sapi yg aromanya lebih tajam.

    2. Benar, tapi yg bikin bakso biasanya kan kasih kecap.

    3. Babi emang lebih halus, tapi belum tentu berminyak. Semua hewan kan ada bagian yg berminyak dan kurang berminyak, termasuk juga sapi. Jadi, soal berminyak, ini tergantung bagian babi mana yg dipakai. Klo jaman sekarang babi kurus2, susah mau cari babi yg banyak minyak. Sangking kurus, dikit lemaknya babi sekarang, sekarang banyak sekali olahan babi yg rasanya seperti ayam.

    4. Bisa aja membuat bakso ukuran kecil, toh namanya ada niat menipu,

  2. Itu bahasa “Hokkien” bukan “Hokkie”. Emang bener semua makanan yg depannya ada bak- itu emang asalnya bikinya pake bak (daging/minyak babi). Bakmi, bakpao, bakpia, bakcang, bakwa. Apalagi ya?

    Klo bak mandi dan bakrie gak termasuk ya?

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s