Under The Radar: Another Two Indonesian Delights! (Linked, February 2014)

  • KOKO BOGANA

Koko Bogana - Interior 1 (photo by Dennie Benedict)

What

Ingin menikmati banyaknya pilihan hidangan nasi dari berbagai penjuru Indonesia serta jajanan khas pasar di satu restoran yang nyaman? Koko Bogana menjadi solusinya bila Anda berada di daerah Kebayoran Baru, Jakarta.

Koko Bogana - Nasi Langgi (photo by Dennie Benedict)
Nasi Langgi

Why

Usaha yang berawal dari skala rumahan ini telah mengalami transformasi yang cukup signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Lokasinya yang dekat dengan kawasan usaha di daerah Kebayoran Baru ternyata ramai dikunjungi saat bersantap siang maupun untuk sekadar take away.

Sesuai namanya, nasi bogana khas Tegal menjadi jawara di sini. Nasi yang dibungkus daun serta berisikan telur pindang, ayam suwir, sambal goreng ampela, tumis kacang panjang, serta serundeng daging ini tampil menggoda. Meskipun datang dengan ukuran sedang, dapat dipastikan bahwa rasa kompleks yang dimilikinya akan memenuhi ekspektasi siapapun. Terlebih lagi karena duet sambal matah serta sambal kecombrang selalu setia mendampingi setiap masakan di sini.

Pilihan menarik lainnya juga layak untuk dieksplorasi. Sebut saja misalnya nasi pagongan khas Cirebon, nasi langgi khas Solo, nasi kuring khas Sunda, nasi Singaraja khas Bali, nasi pecel hingga nasi gudeg atau nasi liwet. Tidak hanya masakan-masakan yang sudah disebutkan tadi, ternyata Koko Bogana masih memiliki banyak pilihan nasi lainnya yang akan membuat siapapun kesulitan untuk memilihnya!

Sehabis bersantap nasi bogana, pastikan untuk membawa pulang berbagai jajanan pasarnya seperti arem-arem, klepon, sosis solo, bugis, kue mangkok, kue pepe, risoles, dan banyak pilihan lainnya. Terakhir, jangan lewatkan untuk mencoba bacang spesialnya yang terkenal.

Koko Bogana - Nasi Bogana (photo by Dennie Benedict)
Nasi Bogana

How

Di tengah ramainya suasana jalan Cipaku, Wolter Monginsidi, dan Pasar Santa, Koko Bogana tampil menempati sebuah rumah lama yang terlihat klasik sehingga berkesan homey bagi siapapun yang mengunjunginya. Selain itu terlihat kesederhanaannya tetap terpelihara namun dengan suasana khas Jawa yang nyaman serta bersih. Terkadang hadir juga seorang pemain kecapi serta sindennya mengiringi waktu makan siang di Koko Bogana.

Meskipun terletak di tengah keramaian, ada suatu hal yang menjadikan Koko Bogana tampil low profile dan membuatnya ‘tersembunyi’. Meskipun tetap ramai dikunjungi pada waktu makan, sesekali nikmatilah suasana santai bila kebetulan makan siang Anda sedikit terlambat.

Where
Jalan Cipaku I no. 2, Jakarta – Indonesia
Telp: +62.21.720.3754

Facebook      : Koko Bogana

Operational Hours
Setiap hari, 9 am – 6 pm (tutup hari Minggu dan hari-hari besar)

Price Range
IDR 25,000 – IDR 50,000 / orang (F&B)

—–

  • GRIYA KULO

Griya Kula - Facade 2

What

Berbagai pilihan kuliner terbaik Cirebon berkumpul menjadi satu di sebuah restoran tersembunyi yang berlokasi di Jakarta Timur ini.

Why

Cirebon rasanya tidak pernah sedekat ini berkat Griya Kula. Menempati sudut di pelataran parkir kolam renang Bojana Tirta di Jakarta Timur ini, kuliner Kota Udang yang beragam itu kini dapat ditemukan bersamaan dalam satu restoran saja.

Berbagai hidangan khas seperti bubur sop ayam, empal gentong, mie koclok, nasi lengko, gado-gado uleg, nasi jamblang, hingga tahu gejrot tersedia di sini. Sekejap terasa suasananya adalah percampuran sebuah restoran dengan konsep food court masa kini, yaitu dikelilingi berbagai gerobak kaki lima yang merepresentasikan setiap masakan dari Cirebon.

Nasi Jamblang
Nasi Jamblang

Usut punya usut, ternyata berbagai masakan di Griya Kula sendiri menggunakan bahan-bahan asli dari Cirebon yang dikirimkan melalui kereta api setiap harinya pada waktu pagi dan siang. Sehingga tidak saja ini menjadikan bahan makanan di sana tetap segar namun juga memiliki citarasa asli yang berhasil dipertahankan dengan baik.

Mulai dari kecap manisnya saja berbeda dan memberikan sentuhan rasa manis yang lembut serta cocok dengan bumbu kacang unik yang jarang diaplikasikan pada sate kambing pada umumnya di Jakarta. Atau contoh lain misalnya tahu yang dipakai untuk hidangan populer tahu gejrot-pun berasal dari Cirebon, hingga bahkan cumi saus tinta, jambal roti, atau sate kerang yang disajikan untuk nasi jamblang.

Selain kelezatannya yang teruji, ternyata Griya Kula sendiri disponsori langsung oleh Sultan Cirebon sendiri yang konon berperan dalam menamai restoran ini. Dari segi promosi restorannya saja ikut dilakoni oleh sang putri kesultanan sendiri. Ternyata Griya Kula datang ke Jakarta benar-benar membawa sebuah misi yang menarik, yaitu memperkenalkan kuliner Cirebon secara lengkap dan istimewa.

Tahu Gejrot
Tahu Gejrot

How

Suasana santai menghiasi sekeliling Griya Kula, khususnya pada hari-hari kerja. Namun pada waktu akhir pekan, bersiaplah untuk bersaing mendapatkan tempat duduk dengan para pengunjung kolam renang maupun lapangan tenis yang kelaparan sehabis berolahraga. Kapasitas Griya Kula tidaklah besar namun cukup untuk menampung beberapa puluh orang.

Meskipun restoran ini terlihat menyendiri, tapi justru benar adanya bahwa dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya maka inilah yang layak disebut sebagai hidden culinary gem dan menjadi sebuah kewajiban untuk dikunjungi oleh para pecinta makanan Imdonesia.

Where
Kompleks Kolam Renang Bojana Tirta, Jalan Bojana Tirta Raya, Jakarta – Indonesia
Telp: +62.21.7042.1591

Operational Hours
Setiap hari, 8 am – 10 pm

Price Range
IDR 25,000 – IDR 50,000 / orang (F&B)

—–

Linked - Kuliner Indonesia II 2 Linked - Kuliner Indonesia II 1

—–

Featured in LINKED (Citilink inflight magazine), February 2014 Edition (unedited)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s