Living The Vegan Way in Jakarta (Linked, September 2013)

  • HEALTHY CHOICE

Healthy Choice - Exterior

What

Salah satu pelopor restoran yang menyediakan berbagai menu olahan berbahan organik

Why

Healthy Choice tampil dengan menyajikan menu-menu yang tidak menggunakan daging merah serta berbagai sayuran organik sebagai energi utama dalam kampanye makanan sehatnya. Proses masak di Healthy Choice juga konon tidak menggunakan Teflon maupun microwave sehingga masakan diproses dengan jangka waktu yang normal dan alami. Meskipun dalam beberapa menunya masih terdapat produk grilling maupun penggorengan yang tentunya menggunakan minyak khusus, Healthy Choice tetap menyediakan produk makanan yang melalui proses steaming (kukus) atau dijadikan dalam bentuk sup sebagai andalannya.

Steamed Fish ala Thai
Steamed Fish ala Thai
Caesar's Vegetarian Wrap
Caesar’s Vegetarian Wrap

Misalnya saja terdapat steamed chicken atau steamed fish ala Thai yang berisikan berbagai sayur serta rempah khas Asia yang tetap tampil menggiurkan. Sup yang berisikan duet ikan salmon dan ikan dory juga bisa menjadi pilihan menarik. Selebihnya tentu terdapat menu yang tidak lazim seperti tortilla yang dipanggang dan berisikan salad sayur dengan Caesar dressing, kalkun, ayam, atau ikan; lalu berbagai menu pasta hingga mie godog atau soto tangkar yang menjadi kesukaan orang Indonesia sehari-harinya.

Lemonade
Lemonade

Sebagai penutup, yang ditawarkan adalah berkisar sekitar minuman jus yang menggabungkan sayur serta buah, es krim dari kacang kedelai, dan homemade yogurt yang berisikan jelly serta selai mulberry. Healthy Choice menjadi win-win solution bagi yang ingin mencari makanan sehat namun tidak serta merta harus menjadi seorang vegan sejati.

How

Healthy Choice tampil layaknya sebuah restoran pada umumnya. Namun selain restoran, Healthy Choice juga menyediakan spot untuk berbelanja berbagai produk kesehatan serta sayur-sayuran organik segar. Semangat untuk tetap hidup sehat di Jakarta ternyata memberikan tenaga untuk eksistensi bagi Healthy Choice, terbukti dengan cukup banyaknya pengunjung yang lapar sehabis lelah berolahraga di gym yang terletak tidak jauh dari outlet yang berada di Pacific Place ini.

Where

  1. Kompleks Graha Mas Blok A 6-7, Jalan Raya Perjuangan, Kebon Jeruk, Jakarta
  2. Pacific Place, 5th Floor, Jalan Jend. Sudirman Kav. 52-53, Jakarta (CLOSED)
  3. Boulevard Raya Blok WB II no. 21-22, Kelapa Gading, Jakarta

Facebook            : Healthy Choice Indonesia
Website               : http://healthychoiceindonesia.com

Operational Hours
Setiap hari, 10 am – 10 pm

Price Range
IDR 50,000 – IDR 75,000 / orang (F&B)

—–

  • LOVING HUT

Loving Hut - Interior

What

Restoran franchise internasional dengan hidangan vegetarian yang sangat bervariasi.

Why

Berlandaskan semangat harmonisasi hidup antara manusia dengan alam, Loving Hut kini telah tersebar di sekitar puluhan negara dengan ratusan cabang. Berbagai bahan makanan di sini diolah dari kacang kedelai, jamur, perasa non-MSG, serta untuk sayur-sayuranpun menggunakan jenis organik yang didapatkan dari kaki pegunungan wilayah Cisarua, Jawa Barat.

Harga yang sangat terjangkau serta variasi menu yang ekstensif menjadi kekuatan dari Loving Hut, mulai dari masakan Indonesia, Jepang, China, Thai, Barat, serta Vietnam. Selain sup serta salad sebagai pilihan pembuka yang umum, ternyata sushi milik Loving Hut ini bisa menjadi alternatif yang menyenangkan. Datang dengan pilihan yang cukup beragam, rasa sushi dari Loving Hut ternyata cukup representatif, apalagi ditambah dengan berisikan sayuran-sayuran organik yang sehat.

Loving Hut - Tasty Kung Pao

Hasil pengolahan kacang kedelai yang dibuat menjadi ‘daging’ ala vegetarian dapat ditemukan di berbagai pilihan makanan utama seperti misalnya steak; sate; kari; maupun tumis-tumisan ala masakan Cina seperti kung pao, lada hitam, dan lain-lain. Menu nasi goreng, soto, mie, hingga pizza dan spaghetti juga memberi warna lebih pada pilihan sajian di restoran ini.

Dari segi rasa sendiri ternyata ‘daging’ hasil pengolahan dari kacang kedelai ini memiliki tekstur dan rasa yang menyerupai daging asli pada umumnya, apalagi berbagai jenis jamur juga diikutsertakan di berbagai masakan Loving Hut sehingga memperkaya isi setiap hidangannya. Sisanya adalah eksplorasi tiada akhir bagi penggemarnya.

Loving Hut - Green Delight

How

Warna yang sangat cerah menjadi ciri khas dari penampilan Loving Hut dari luar, tapi ketika melangkah masuk justru ada perasaan homey yang menyertai dalam atmosfirnya. Selain itu, banyaknya jumlah menu menjadi tantangan tersendiri dari segi pelayanan. Tuntutan ini ternyata dapat dipenuhi dengan baik oleh para stafnya dimana mereka dapat menjelaskan dengan baik mengenai detilnya serta juga mampu memberikan saran untuk apa yang baiknya dipesan. Tentu ini adalah sebuah nilai plus bagi restoran dengan jenis hidangan yang belum lazim di selera umum masyarakat Indonesia.

Where

Jakarta dan sekitarnya

  1. The Plaza Semanggi, 3A Floor, Jalan Jend. Sudirman Kav. 50, Jakarta
  2. Jalan Jatinegara Timur II no. 9, Jakarta

Serta kota-kota lain seperti di Yogyakarta, Medan, Surabaya, Denpasar, Singaraja, Malang, dan Kediri.

Facebook            : Loving Hut Indonesia
Twitter                 : @LovingHutID
Website              : http://lovinghut.co.id

Operational Hours
Setiap hari, 10 am – 10 pm (selain mall, 8 am – 9 pm)

Price Range
IDR 30,000 – IDR 50,000 / orang (F&B)

—–

COOL FACTS ABOUT WHY WE SHOULD BECOME VEGANS

  • Untuk sebuah porsi penuh berisi daging sapi atau ayam, ternyata memerlukan ribuan liter air sebagai hasil dari proses pemeliharaan hewan ternak tersebut. Bandingkan dengan 371 liter air saja yang dipakai untuk menghasilkan satu porsi berisi nasi, tahu, serta sayuran.
  • Menurut Worldwatch Institute, ternyata 51% polusi gas rumah kaca tahunan dihasilkan oleh sektor peternakan dan produk sampingannya.
  • Menurut FAO, dengan 85% produksi kacang kedelai dunia dan 40% produksi biji-bijian dunia diberikan sebagai pakan hewan ternak, maka bayangkan krisis pangan yang bisa diatasi dengan menjadi vegetarian.

—–

Linked - Healthy Food 1 Linked - Healthy Food 2

—–

Featured in LINKED (Citilink inflight magazine), September 2013 Edition (unedited)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s