The Hispanic Culinary Trail in Jakarta (Linked, November 2013)

  • TAPAS MOVIDA

Tapas Movida - Outdoor

What

Salah satu dari sedikit restoran khas Spanyol yang berspesialisasi dengan berbagai hidangan tapas di Jakarta.

Why

Budaya mengobrol santai sembari bersantap tapas menjadi sebuah kesenangan sendiri masyarakat Spanyol, apalagi karena keseharian orang Spanyol yang kurang lebih menganut filosofi la dolce vita layaknya orang Italia.

Di Tapas Movida, tentu makanan khas dengan berbagai kombinasi unik antara seafood, daging, serta sayuran dan keju ini merupakan pilihan tepat sebagai appetizer sembari menanti persiapan paella sebagai hidangan utama yang membutuhkan waktu cukup lama untuk persiapannya.

Brocheta de Gambas y Pina
Brocheta de Gambas y Pina

Brocheta de gambas y pina atau sate udang dan nanas menjadi pembuka yang cocok dengan rasa gurih manis. Bahkan yang paling simpel seperti pan con tomate yang merupakan penggabungan roti, tomat, dan daun basil saja terdengar segar. Tapi jangan lewatkan tapas yang memiliki imbuhan pengaruh asing seperti sate ayam dengan rempah-rempah Maroko serta madu atau mungkin Anda lebih tergiur dengan ikan salmon asap yang diisikan cream cheese dan dihidangkan di atas roti.

Albondigas con Salsa de Tomato Picante
Albondigas con Salsa de Tomato Picante
Ternera con Cebolla Caramelizada y Queso Azul & Tostada de Salmon Ahumado
Ternera con Cebolla Caramelizada y Queso Azul & Tostada de Salmon Ahumado

Selain itu albondigas atau bakso sapi dengan porsi cukup besarnya tentu akan memuaskan siapapun yang ingin menikmati menu pembuka yang lebih berisi. Bakso sapi ini disajikan dengan saus tomat kental yang segar dengan aksen pedas dan nikmat berpadu dengan berbagai potongan roti hangat. Bila ingin lebih mewah, tapas yang menggunakan pilihan daging tenderloin atau hati angsa juga tersedia di sini dengan kombinasi-kombinasi menggiurkannya.

Tapas Movida - Paella Vegetariana

Untuk pemuncak acara bersantap Anda, paella atau hidangan nasi khas Mediterania yang kaya rasa dan rempah adalah opsi seru untuk disantap bersama keluarga atau teman-teman. Pilihan lain yang mirip dengan paella adalah masakan fideua khas Valencia yang mengganti peranan nasi dengan pasta. Topping sayur segar untuk vegetarian atau ayam, seafood, hingga chorizo bisa Anda pilih khusus untuk kedua hidangan utama ini.

How

Tapas Movida terlihat lebih energik untuk santap sore apalagi malam. Suasana yang hangat lebih terasa ketika hari semakin gelap dan para pengunjung berdatangan untuk menikmati berbagai tapas yang didampingi segelas Sangria dengan potongan buah segar.

Bagi yang ingin bersantap dengan santai, bagian pojok yang dipenuhi sofa serta lukisan adalah bagian paling nyaman dari Tapas Movida. Namun bagi Anda yang senang dengan suasana yang lebih hidup, bagian bar yang langsung menghadap panggung atau bagian outdoor yang dirancang khusus dengan gaya teras hacienda ala Spanyol adalah spot paling tepat untuk menikmati sisa malam.

Where
Jalan Cipete Raya no. 66, Jakarta – Indonesia
Telp: +62.21.751.0851

Facebook            : tapas.movidajakarta
Twitter                 : @TapasMovida
Website                : http://www.tapasmovida.co.id/

Operational Hours
Setiap hari, 10 am – 10 pm (weekday), 10 am – 12 am (weekend)

Price Range
IDR 100,000 – IDR 250,000 / orang (F&B)

 —–

  • EL ASADOR

El Asador - Facade

What

Restoran khas Amerika Selatan yang berspesialisasi dengan menu daging panggang yang menggunakan metode pemanggangan dengan gaya asado yang unik.

Why

Kultur kuliner negara-negara Amerika Latin justru sedikit berbeda dengan gaya khas Spanyol yang ktia kenal banyak memperkenalkan tapas, pengaruh rempah dari Timur Tengah dari abad pertengahan, maupun kuliner Laut Tengah. Jakarta mungkin lebih mengenal pengaruh Meksiko atau sempalannya  yang disebut Tex-Mex dengan kehadiran beberapa restoran seperti Amigo’s atau Chili’s. Sebaliknya dalam setahun belakangan ini El Asador justru memperkenalkan sajian-sajian khas Amerika Selatan kepada khalayak ramai Jakarta yang berasal dari Argentina serta Uruguay.

Sesuai dengan namanya, El Asador yang berbagai hidangannya meliputi aneka daging panggang memperkenalkan teknik asado dalam proses memasaknya. Berbeda dengan sate khas Indonesia yang menggunakan pembakaran langsung dari batu baranya, gaya asado justru membakar terlebih dahulu kayu atau batu baranya di tempat terpisah dan hanya bara sisa pembakaran tersebut yang dipakai untuk memanggang dagingnya. Selain itu, panggangannya yang disebut parrilla ini dapat diatur sudut kemiringannya untuk mendapatkan hasil panggangan yang sempurna.

Tidak hanya untuk iga sapi, Anda juga bisa memilih ayam, pamplona (kaki ayam dengan mozzarella, paprika, zaitun, dan rempah), chorizo (sosis khas Spanyol), dan berbagai bagian daging sapi lainnya untuk dimasak dengan metode khas ini.

Chivito Al Pan
Chivito Al Pan
Burrito Carne
Burrito Carne

Selain menu panggangan yang cocok untuk disantap beramai-ramai ini, El Asador juga memperkenalkan berbagai percampuran kuliner Amerika Latin seperti menu sarapan berupa burrito yang tampil kaya dengan isian daging cincang, scrambled eggs, dan berbagai sayuran serta saus rahasia khas restoran ini. Lalu terdapat juga menu khas Uruguay yang merupakan kebangsaaan pemilik restoran ini seperti chivito al pan atau roti yang diisikan dengan daging churrasco tenderloin dengan ham, bacon, serta sayur dan kentang goreng.

Lengua a la Vinagreta Con Ensalada Rusa
Lengua a la Vinagreta Con Ensalada Rusa

Bila kesemuanya ini masih belum cukup, Anda bisa menantang diri dengan bersantap menu khas lainnya seperti lengua atau lidah sapi rebus yang sangat empuk tersaji dingin dengan berbagai bumbu dan sayuran serta salad khas Russia.

How

El Asador tampil layaknya seperti pub namun jangan salah sangka karena menu daging panggangnya tetap merupakan bintang utama dari tempat ini. Panggangan utama (parilla) dari restoran ini terdapat tepat di tengah dan tampil menyala-nyala. Namun demikian, steak khas asado ini baru bisa dipesan untuk makan malam, terkecuali hari Minggu dimana para keluarga biasa berkumpul untuk bersantap brunch. Meskipun menyediakan berbagai minuman alkohol khas Spanyol/Amerika Latin seperti sangria atau clerico hingga berbagai liquor dan wine, El Asador tetap hanya menggunakan daging sapi dan kambing untuk menu asado-nya. Sehingga tidak terdapat daging babi dalam berbagai masakan di sini.

Where
Kemang Point Building, GF, Jalan Kemang Raya no.3, Jakarta – Indonesia
Telp: +62.21.718.2206

Facebook            : El Asador Jakarta
Twitter                 : @elasadorjakarta
Website                : http://elasador.co.id

Operational Hours
Tue – Sun (closed on Mon), 11 am – 12 am (weekday), 11 am – 2 am (weekend), 9.30 am – 12 am (Sun)

Price Range
IDR 100,000 – IDR 250,000 / orang (F&B)

 =====

COOL FACTS

  • Tradisi makan malam di Spanyol dimulai pada pukul 9 malam sehingga terdapat gap waktu yang cukup panjang pada sore harinya. Maka tapas berperan sebagai snack untuk menanti waktu santap malam.
  • Tradisi barbeque dengan gaya asado kerap diadakan untuk acara-acara keluarga di tengah udara terbuka seperti misalnya di kebun, dan biasanya membutuhkan seorang asador (ahli panggang) yang terlatih dalam proses memasaknya.
  • Kata asli dari tapas adalah tapar yang berarti untuk ‘melindungi’ atau ‘menutupi’. Sehingga jelas fungsi dari tapas ini adalah untuk menahan lapar selagi menanti waktu jam makan malam.
  • Beberapa tapas menggunakan tusuk gigi untuk menahan makanan tersebut agar tidak terlepas/jatuh, namun fungsi tusuk gigi ini juga adalah untuk memberitahu penikmatnya mengenai seberapa banyak ia telah melahap tapas ini.

—–

Linked Nov 2013 - The Hispanic Culinary Trail in Jakarta

—–

Featured in LINKED (Citilink inflight magazine), November 2013 Edition (unedited)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s