The Crunchy Attack of Korean Fried Chicken! (Linked, August 2013)

  • BONCHON

What

Salah satu pelopor ayam goreng khas Korea di Indonesia yang terlebih dahulu melejit tenar di Amerika Serikat.

BonChon - Interior

Why

Dari segi menu, BonChon menampilkan berbagai hidangan ayam goreng yang cukup ekstensif dengan berbagai kombinasinya. Dengan filosofi ‘tidak boleh ada yang terbuang’, selain bagian sayap dan paha yang klasik digunakan, BonChon juga menyajikan potongan ayam tanpa tulang serta versi mininya yang disebut bites.

Untuk ayamnya sendiri, BonChon melakukan berbagai prosedur yang sudah terstandarisasi ketat seperti seleksi dari segi ukuran, proses pembuangan lemak dari ayamnya, standar sausnya yang lezat dari berbagai ekstrak buah-buahan, dan penggorengan dua kali yang menjadi ciri khas ayam goreng asal Korea ini. Hasilnya adalah ayam yang tidak berlemak dengan kulit tipis yang renyah dan saus gurih pedas yang terasa begitu nikmat di setiap gigitannya.

Chicken wings
Chicken wings

Selain itu unsur Korea dalam makanan lainnya juga tetap dipertahankan seperti adanya kimchi dalam menu sampingannya serta terdapatnya acar pedas khas tersebut dalam menu burger-nya. BonChon juga bereksperimen menggabungkan potongan ayam gorengnya dengan myun atau mie khas Korea yang dibumbui dengan saus setipe Bolognese. Sebagai penutup, yang tidak boleh dilewatkan adalah mochi Korea yang diisikan dengan es krim dari berbagai rasa.

How

BonChon tampil layaknya restoran keluarga namun berbeda dengan restoran ayam goreng cepat saji yang lain, desain BonChon dibuat simpel dengan bahan yang didominasi kayu serta berwarna hangat sehingga nyaman untuk hang out bersama teman dan keluarga. Selain itu, BonChon juga menghadirkan atmosfir penuh rasa Korea dengan memutar musik-musik K-Pop modern yang kini kelewat digandrungi muda-mudi Indonesia.

Chicken Burger
Chicken Burger

Where

JAKARTA dan sekitarnya
Grand Indonesia
City Walk Sudirman
Central Park
Gandaria City
Supermal Karawaci
Living World Alam Sutera
Kota Kasablanka
Lippo Mall Kemang
Mall of Indonesia

BALI
Beachwalk Bali

Facebook            : BonChonIndonesia
Twitter                : @BonChon_ID
Website               : http://www.bonchonid.com

Operational Hours
Setiap hari, 10 am – 10 pm

Price Range
IDR 50,000 – IDR 75,000 / orang (F&B)

—–

  • 4 FINGERS CRISPY CHICKEN

What

Pelopor ayam goreng khas Korea asal Singapura yang terinspirasi tren dari kota New York.

4 Fingers - Dining Room 1

Why

Pertemanan empat sahabat pecinta makanan ini membawa mereka bereksplorasi kuliner berkeliling dunia sekaligus mencari inspirasi bisnis makanan sepulangnya nanti ke tanah air. Akhirnya mereka sepakat bahwa ayam goreng Korea yang sangat digandrungi di New York ini untuk dijadikan sebuah bisnis waralaba di Singapura. 4 Fingers yang merupakan simbol keempat pemiliknya ini kini telah merambah ke Filipina dan juga Indonesia.

Wings & Rice
Wings & Rice

Menu yang terdapat di 4 Fingers tentu diperankan oleh ayam goreng saus tradisional soy garlic serta saus pedas khas Korea yang digemari semua orang. Dengan teknik pengolahan unik seperti melumuri saus khas dengan tangan agar menyeluruh dan membuang lemak dari ayam, 4 Fingers tampil percaya diri dengan rasa gurih yang dihadirkan pada setiap ayam gorengnya.

Selain itu yang wajib dicoba adalah chicken rice box-nya dimana ayam goreng dipadukan dengan nasi berbumbu yang lezat dan juga berbagai kombinasi ayam goreng dalam bentuk sandwich dan burger. Selain ayam, berbagai menu seafood, tofu, hingga sukiyaki dan miso shiru juga kini tersedia di 4 Fingers. Tapi tentunya sayang bila melewatkan ayam gorengnya yang khas ini.

How

Terinspirasi suasana jalanan dan subway kota New York, 4 Fingers tampil modern dan bergaya urban dengan dihiasi berbagai graffiti. Meskipun resep ayam gorengnya diinspirasi dari khas Korea, namun sentuhan gaya Korea tidak terlihat sama sekali dari segi desain, apalagi atmosfirnya yang didominasi musik-musik Top 40 jaman sekarang dari Barat.

Calamari & Rice
Calamari & Rice

Meskipun sekilas terasa bahwa 4 Fingers lebih cocok sebagai tempat nongkrong anak muda, justru itu anggapan yang kurang tepat karena semestinya yang dicari adalah kenikmatan ayam goreng yang menjadi spesialisasinya.

Where

Jakarta dan sekitarnya
Rasuna Epicentrum
Cilandak Town Square
FX Mall

Facebook            : Gimme4fingers.Indonesia
Twitter                 : @4FCCIndonesia
Website              : http://www.gimme4fingers.com

Operational Hours
Setiap hari, 10 am – 10 pm

Price Range
IDR 50,000 – IDR 75,000 / orang (F&B)

—–

COOL FACTS ABOUT KOREAN FRIED CHICKEN

  • Konon ayam goreng khas Korea ini merupakan bisnis rumahan yang bisa ditemukan di setiap penjuru kota-kota di Korea Selatan dengan kombinasi yang berbeda-beda.
  • Di Korea Selatan, lazimnya ayam goreng ini disajikan di bar dan dinikmati setelah pulang kerja bersama rekan kerja dan teman-teman.
  • KyoChon adalah franchiser ayam goreng Korea terbesar sejak 1991 yang kini sudah memiliki ribuan cabang di Korea dan berbagai negara lainnya, lalu pada 2002 diikuti BonChon dan berbagai brand lainnya yang lebih bersifat individual.
  • Ayam goreng Korea biasanya digoreng saat dipesan dan menjalani dua proses penggorengan untuk mendapatkan rasa crispy yang khas sekaligus menjamin kesegaran produknya.
  • Saus yang dilumuri pada kulit ayam gorengnya menjadi ciri khas ayam goreng Korea yang berbeda dengan ayam goreng Amerika yang biasa kita kenal.

—–

A (REALLY) SHORT HISTORY OF FRIED CHICKEN

  • Resep ayam goreng konon berasal dari tradisi Skotlandia namun justru yang lebih terkenal adalah karena diasosiasikan dengan sejarah perbudakan rakyat Afrika di Amerika Serikat sejak ratusan tahun yang lalu sebagai sumber makanan yang mereka konsumsi lazimnya.
  • Ayam adalah sumber protein yang paling mudah diternakkan oleh para budak di Amerika sehingga mereka berkreasi dengan berbagai bumbu khas untuk ayam gorengnya.
  • Pada awal abad 20, ayam goreng menjadi makanan utama setiap keluarga di Amerika Serikat dan usaha pertama mengembangkannya menjadi produk bisnis konon dipelopori oleh sang legenda, Harland Sanders dari Kentucky Fried Chicken, di tahun 1950an.
  • Akhirnya, ayam goreng menjadi sebuah bisnis waralaba bernilai milyaran dollar setiap tahunnya dan Indonesia memulainya dengan KFC pertama di tahun  1978 hingga kini.
  • Kini ayam goreng khas Amerika ini dikenal luas di hampir setiap negara sekaligus menciptakan imej bahwa ayam goreng haruslah memiliki kulit kering yang besar dan rasa yang sangat gurih, hingga setidaknya dalam dua dekade terakhir ini Korea Selatan mempopulerkan resep ayam gorengnya yang berbeda sekaligus memiliki citarasa yang dahsyat yang digemari banyak orang.

—–

Linked - Fried Chicken 1 Linked - Fried Chicken 2

—–

Published in Linked – Citilink in-flight magazine, August 2013 Edition (unedited)

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s