Penawar Rindu Masakan Rumah: Restoran Khas Jawa di Jakarta (Linked, May 2013)

Masakan Rumah Bu Endang - Interior 1

  • MASAKAN RUMAH BU ENDANG

What

Restoran yang menyajikan hidangan dengan citarasa khas Jawa yang nostalgik, sangat cocok bagi para perantau di Jakarta yang merindu dengan masakan rumahan.

Why

Kangen masakan rumah? Dengan identitas dan spesialisasinya yang khas ini, Bu Endang menyajikan pilihan-pilihan yang lekat di hati para pengunjungnya. Sebut saja nasi brongkos, lontong cap gomeh, nasi opor, nasi ayam panggang kemiri, empal kelem, hingga mangut iwak pe serta bestik galantine adalah menu-menu pamungkas yang wajib dicoba di sini.

Brongkos
Brongkos
Nasi Ayam Panggang Kemiri
Nasi Ayam Panggang Kemiri
Tahu Telor Petis
Tahu Telor Petis

Selain hidangan-hidangan menggiurkan tersebut, Bu Endang juga menyediakan panganan ringan seperti sosis solo, tong tong brong (bakwan udang), hingga tempe bacem yang pastinya cocok sebagai sajian pendamping. Satu yang tidak boleh ketinggalan adalah tahu campur atau tahu telor petis yang nikmat tiada tara!

How

Betapa Ibu Endang berhasil menyulap sebuah rumah menjadi sebuah restoran yang homey. Dari segi desain, justru Ibu Endang lebih memilih untuk menata restorannya tanpa tendensi khusus mengejar jumlah pengunjung yang banyak. Alih-alih penataannya lebih bersifat apik, bersih, dan hangat serta nyaman untuk berlama-lama menikmati panganan tradisionalnya.

Dari segi lokasi, rumah makan ini memang mudah ditemui karena tepat berada di jalan raya Cipete yang terkenal ramai dengan bisnis-bisnis kuliner. Namun bila hendak mengunjunginya pada jam-jam makan maka reservasi tempat duduk menjadi hukum wajib sebelum bersantap di sini.

Where
Jalan Cipete Raya 16C
Telp: +62.21.7663.585

Operational Hours
Setiap hari, 10 am – 10 pm (Mon – Sat) & 8 am – 9 pm (Sun)

Price Range
IDR 30,000 – IDR 50,000 / orang (F&B)

—–

Mbah Jingkrak Setiabudi - Interior 1y

  • MBAH JINGKRAK SETIABUDI

What

Sebuah restoran dengan masakan-masakan Jawa tradisional yang berpenampilan meriah serta menyajikan banyak hidangan unik nan pedas.

Why

Terlepas dari berbagai panganan khas Jawa yang lekat dengan hati para pecintanya seperti asem-asem daging, ayam bakar, bakwan, empal, ikan bakar, oseng-oseng sayuran, hingga sayur lodeh rebung serta sayuk mangut, Mbah Jingkrak Setiabudi juga menyajikan khusus berbagai versi masakan Jawa dengan rasa pedas dan extra pedas!

Mbah Jingkrak Setiabudi - The Feast 1 Mbah Jingkrak Setiabudi - The Feast 2 Mbah Jingkrak Setiabudi - The Feast 3 Mbah Jingkrak Setiabudi - The Feast 4

Beberapa masakan pedas ini juga dinamai dengan nama-nama unik serta tentunya ditimbun dengan cabai yang berlimpah sehingga sebuah motto bahwa ‘makan yang nikmat itu haruslah berkeringat’ memang benar adanya di Mbah Jingkrak. Sebut saja ayam rambut setan, sambal iblis, daging setan, atau teri buto ijo adalah sebagian dari berbagai hidangan pedas yang tersaji di sini dan cocok bagi para penggemarnya.

Unsur kebersamaan ketika bersantap juga menjadi nilai plus di Mbah Jingkrak karena ketika datang para pengunjungnya dipersilakan untuk memilih langsung berbagai sajian yang sudah tersedia untuk kemudian dibawakan ke meja setelah selesai dipilih lengkap dengan nasi dan minumannya. Penyajian di meja makan juga mirip layaknya rumah makan Minang sehingga saling berbagi menjadi kenikmatan tersendiri ketika bersantap di sini.

How

Meskipun di bagian depan restoran ini tampaknya tidak ada yang spesial, namun bila beranjak lebih masuk lagi maka anda akan menemukan bahwa restoran ini dirancang dengan meriah dan menggunakan berbagai pernak pernik yang ada untuk menghiasnya. Mulai dari wayang kulit, botol kecap, boneka, hingga sandal serta hiasan-hiasan lainnya yang berwarna warni menghias semua sudut yang tersedia.

Yang lebih menyenangkan adalah adanya outdoor space yang sangat memadai dan hangat serta ambiance­-nya diimbuhi oleh lagu-lagu bernuansa tradisional Jawa. Selain itu lokasi Jalan Setiabudi ini sangat dekat dengan perkantoran, sehingga jangan datang terlambat untuk makan siang atau anda bisa kehabisan tempat duduk.

Where
Jln. Setiabudi Tengah no. 11
Telp: +62.21.525.2605

Operational Hours
Setiap hari, 10 am – 10.30 pm

Price Range
IDR 30,000 – IDR 50,000 / orang (F&B)

—–

Mbah Jingkrak Setiabudi - Interior 2

DO YOU KNOW

  • Buah keluak/kluwek yang dipakai untuk memasak Rawon ternyata aslinya mengandung sianida dan sangat mematikan bila dikonsumsi langsung. Namun bila dipersiapkan secara matang menggunakan proses perebusan dan dikubur selama 40 hari maka racun tersebut akan hilang dan aman dipakai.
  • Masakan Jawa Tengah dan Jawa Timur dapat terbedakan secara keseluruhan dengan citarasanya. Masakan Jawa Tengah cenderung lebih manis dan tidak pedas sedangkan di Jawa Timur adalah kebalikannya, tidak terlampau manis dan lebih pedas.
  • Secara tradisional, minuman pendamping makan untuk orang Jawa adalah teh manis selama beratus-ratus tahun hingga Kopi sebagai sebuah alternatif baru diperkenalkan Belanda sekitar tahun 1600an akhir.
  • Migrasi penduduk Jawa sejak zaman kolonial ke berbagai belahan dunia mulai dari semenanjung Malaya hingga Afrika Selatan dan Suriname ternyata mengikutsertakan pengaruh kulinernya juga. Konon Botok khas Jawa diadopsi di Afrika Selatan dengan versinya sendiri dengan nama Bobotie.
  • Simplicity is the key! Perkembangan kuliner di Jawa terlihat lebih alami dan menghasilkan masakan-masakan yang terlihat lebih rustic dan sederhana  ketimbang hidangan-hidangan khas Sumatra yang banyak dipengaruhi oleh kebudayaan India dan Timur Tengah, yang notabene lebih kompleks proses pemasakannya.

—–

Linked - Kuliner Indonesia

—–

Published on Linked – Citilink in-flight magazine, May 2013 (unedited)

Advertisements

2 thoughts on “Penawar Rindu Masakan Rumah: Restoran Khas Jawa di Jakarta (Linked, May 2013)”

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s