Quikskoop™: Kupat Tahu Gempol

Kupat Tahu Gempol - Kupat Tahu

Ibarat ketoprak di Jakarta, kupat tahu adalah salah satu jenis makanan yang sangat populer di Bandung dan paling pas untuk makan pagi. Perbedaannya yang paling utama dengan ketoprak adalah tidak adanya penggunaan soun dalam komposisinya. Beberapa varian kupat tahu juga bahkan menggunakan bumbu petis ketimbang bumbu kacang yang lazim dipakai.

Jalan Gempol, Bandung adalah sebuah lingkungan perumahan nyaman yang dikelilingi pepohonan yang teduh dan di sinilah terdapat salah satu kupat tahu paling tenar di Bandung – Kupat Tahu Gempol. Siapapun juga tidak akan kesulitan menemukan tempat yang tidak jauh dari Jalan Dago maupun dari Jalan Riau dengan bermacam-macam factory outlet-nya ini.

Tepat di depan pasar Gempol, Ibu Yayah membuka sebuah lapak sederhana dan hanya menyediakan beberapa tempat duduk saja. Beliau berjualan sejak pagi sekitar pukul enam dan selalu ramai dikunjungi hingga habis menjelang siang hari. Kebanyakan pelanggan datang untuk membungkus pulang kupat tahunya seperti halnya saya sebagai pelanggan setianya, khusus untuk makan pagi di akhir pekan.

Kupat Tahu Gempol - Grandma Yayah

Ibu Yayah yang ramah dan hangat ini berjualan kupat tahu sejak tahun 1965 dan masih turun tangan setiap harinya untuk melayani para pembeli. Meskipun kupat tahu adalah makanan yang terlihat sederhana namun Ibu Yayah memanjakan para pelanggannya dengan potongan kupat yang besar, jumlah tahu dan tauge yang melimpah serta saus kacangnya yang gurih sebagai jurus pamungkas.

Dengan tambahan santan, saus kacang racikan Ibu Yayah menjadi kental dan lebih gurih, cukup berbeda dengan saus kacang pada ketoprak maupun kupat tahu seperti biasanya. Sebagai pelengkap, Ibu Yayah menambahkan kerupuk merah besar sehingga kombinasi semuanya benar-benar nikmat dan memuaskan. Satu porsi saja sudah cukup banyak untuk satu orang, jadi pastikan anda benar-benar lapar untuk bisa menikmati sepenuhnya.

Kupat Tahu Gempol - Tofu and Bean Sprouts

Jadi kapanpun anda ke Bandung, sempatkanlah mampir pagi-pagi ke kedai sederhana milik Ibu Yayah ini. Jangan lewatkan kesempatan menikmati puluhan tahun hasil pengalamannya dengan racikan kupat tahunya yang lezat. Sebagai tambahan, jangan lupa berkeliling sekitar Pasar Gempol ini yang ternyata dipenuhi pilihan makanan lezat lainnya.

—–

Price: IDR 10,000 / porsi

Address: Jalan Gempol (depan pasar) – Bandung

Opening hours: Setiap hari, jam 6 pagi – sebelum siang

Advertisements

One thought on “Quikskoop™: Kupat Tahu Gempol”

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s