Staycation: Marina Bay Sands – Singapore (Sands Group) (Kabare, November 2012)

Pesona Tiada Akhir Marina Bay Sands

http://kabaremagazine.com/2012/11/pesona-tiada-akhir-marina-bay-sands/

—–

MBS - Rear View

Sebagai ikon pariwisata paling mutakhir di Singapura, pesona Marina Bay Sands sungguh tidak ada habisnya. Petualangan saya beberapa waktu lalu ke sana bertemakan gastronomy tour, tapi apa yang dimiliki Marina Bay Sands bahkan lebih dari memesona lagi.

Kemudahan akses menuju Marina Bay Sands (MBS) merupakan satu hal penting yang sudah dicapai bahkan sejak kita menginjakkan kaki di bandara internasional Changi. Hampir setiap setengah jam akan tersedia shuttle bus nyaman dengan rute langsung menuju MBS. Perjalanannya sendiri ditempuh kurang lebih dalam setengah jam dengan lalu lintas lengang serta pemandangan menarik Sirkuit F1, Singapore Flyer dan Gardens by the Bay dari jembatan layang sebelum berbelok masuk ke wilayah Marina Bay.

Setelah tiba di hotel, saya menyempatkan sejenak untuk meletakkan barang dan beristirahat di kamar hotel seraya menikmati pemandangan cantik Gardens by the Bay dan perairan Selat Malaka yang disesaki kapal laut. Kesemuanya ini adalah keunikan tersendiri yang jarang ditemui dimanapun sebelumnya. Bahkan bila mendapat kamar di sisi berlawananpun pemandangannya tidak kalah menarik, yakni sebuah cakrawala yang dipenuhi pencakar langit kota dengan sebuah sudut dimana terlihat jelas Merlion dan Esplanade. Khusus di sisi kamar saya, berdirinya Gardens by the Bay yang didesain cantik dan unik menjadikan Singapura memiliki daya tarik baru dari sisi wisata botanikal. Menginap di MBS tentu menjadi keunggulan tersendiri karena posisinya yang berdekatan dengan kebun kota ini.

Selama beberapa hari ke depan saya berkesempatan menikmati perjalanan kuliner di berbagai restoran celebrity chef di MBS. Konsep celebrity chef ini memang diadopsi MBS untuk menarik minat para pengunjungnya dan mengukuhkan MBS sebagai one-stop place for shopping and dining. Masyarakat masa kinipun semakin mawas dengan pengetahuan kuliner, maka tidak heran bila restoran-restoran ini senantiasa ramai dikunjungi para penggemarnya yang rela mengeluarkan kocek lebih untuk menikmati sebuah keistimewaan yang jarang didapatkan dimanapun sebelumnya.

MBS - Waku Ghin's Moscow Mule

MBS - CUT Facade

MBS - Guy Savoy - Private Room

Yang pertama saya kunjungi adalah Waku Ghin yang dimiliki chef terkenal asal Jepang yaitu Chef Tetsuya Wakuda. Di sana saya berkesempatan menyaksikan Akihiro Eguchi, seorang bartender kelas dunia, memeragakan keahliannya dalam mengukir es dan kaitan penggunaannya dalam meracik cocktail terkenal dari Waku Ghin seperti Gimlet dan Moscow Mule agar mencapai hasil maksimalBegitu pula dengan kunjungan berikutnya ke CUT, sebuah restoran milik Chef Wolfgang Puck, dimana para bartender-nya mendemonstrasikan kebolehan mereka dalam meracik berbagai minuman khas CUT.

MBS - Sky on 57 - Terrace

MBS - db Bistro Moderne - Mondays in Provence

MBS - Osteria Mozza and Pizzeria Mozza Exterior

Di kesempatan lain saya juga mengunjungi  tiga restoran lain untuk menikmati sajian-sajian elok nan lezat. Pertama, saya mengunjungi Sky on 57 dengan ponggawanya Chef Justin Quek yang menyajikan hidangan Asia dan Perancis modern seperti slow cooked egg dengan emulsi hati angsa dan artichoke puree. Selanjutnya adalah giliran db Bistro Moderne milik Chef Daniel Boulud yang menunjukkan kebolehannya dalam sajian Perancis kontemporer – dimulai dari seafood platter segar dan diakhiri kreasi dessert yang penuh warna dan colorful. Terakhir tentunya tidak lengkap bila Osteria Mozza/Pizzeria Mozza karya Chef Mario Batali tidak dikunjungi dimana berbagai kreasi pizza saya nikmati dengan lahap.

Selain berwisata kuliner, pastikan juga untuk meluangkan waktu menikmati Sands Skypark yang terletak di lantai paling atas untuk berenang dan bersantai sembari menikmati pemandangan spektakuler kota Singapura. Bahkan saya mengkhususkan diri untuk menikmatinya di pagi hari ketika belum banyak orang datang menghampiri, meskipun saat itu angin cukup menderu dan cuaca sedang mendung. Khusus ketika cuaca dingin seperti saat itu, ternyata ada pilihan alternatif untuk relaksasi di beberapa Jacuzzi yang tersedia dengan air hangat.

MBS - ArtScience Museum Exterior

Wisata belanja sangat lekat dengan keseluruhan tema mengapa MBS dibangun begitu masif. Di mall-nya yang merentang luas dan megah, berbagai jenis toko termasuk branded stores, café, dan restoran siap untuk melayani pengunjungnya. Wisata perahu mengelilingi mall, skating rink,dan berbagai show di Theatre juga tersedia sebagai pilihan wisata keluarga. Bila sempat, berkunjunglah sejenak ke ArtScience Museum yang didesain dengan indah untuk berbagai eksebisi menarik berbagai karya seni, budaya dan teknologi. Pada kunjungan saya yang terakhir, saya sempat menikmati pagelaran karya-karya masterpiece dari Andy Warhol dan eksebisi dari film Harry Potter.

Bila kesemuanya itu belum cukup, para pengunjung bahkan mencoba peruntungan mereka di kasino kedua yang berdiri di Singapura ini. Dalam kesemuanya, MBS benar-benar menyaingi pendahulunya dalam bisnis integrated resort yakni Resorts World Sentosa yang berdiri pada 2010.

Meski lengkap, cukup terasa bahwa lokasi MBS terbilang agak terasing dari berbagai belahankotalainnya. Beruntung ketersediaan dan rute transportasi begitu melimpah di sini, tapi untuk saya pribadi yang gemar berkomuter ternyata terasa cukup memakan waktu untuk berganti-ganti jalur menuju pusat kota saja. Sehingga yang saya rasakan ketika menginap di MBS adalah memang selayaknya saya berfokus untuk menikmati kenyamanan segala fasilitas yang sudah tersedia di sini pada kunjungan kali ini yang terbilang singkat.

MBS - Hotel Lobby

Setelah lelah berpetualang seharian, merupakan keputusan yang bijak untuk mengakhiri hari dengan bersantai menaiki Singapore River Cruise sembari menikmati keindahan kotadari kisaran wilayah Marina Bay. Setelah itu? Duduklah sejenak di luar MBS mall untuk menyaksikan show spektakuler Wonder Full yang menggunakan sinkronisasi sinar dan air sebagai santapan lezat bagi mata dan hati semua pengunjungnya. Khusus bagi saya pribadi, MBS menjadi warna tersendiri dari berbagai petualangan saya ke Singapura sebelumnya. Bila anda bertanya apakah saya akan bersedia kembali lagi? Tentu dengan serta merta akan saya sanggupi sepenuh hati.

—–

MARINA BAY SANDS

Marina Bay Sands, 10 Bayfront Avenue – Singapore

+65.6688.8897

http://www.marinabaysands.com/

—–

Featured in Kabare (November 2012)

Pictures courtesy of Marina Bay Sands

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s