Quikskoop™: Lotek Bu Oom (Farrago Indonesia – November 8, 2012)

Lotek Rasa Surga

Meski bersempit-sempitan tapi semakin siang warung lotek ini justru semakin banyak pengunjungnya.

—–

Usaha lotek seorang Bu Oom sudah melanglang buana di kota Bandung selama hampir 25 tahun terakhir. Kini, sang penerus menemukan ‘markas’-nya di bilangan Alkateri, yang bisa dengan mudah Anda sambangi kapan saja ketika berkunjung ke kota Kembang.

Lotek yang merupakan makanan khas Sunda ini bisa diracik dalam berbagai modifikasi, selain tentunya rasa manis dari bumbu kacangnya yang membedakan dengan hidangan lain yang menggunakan fondasi saus itu. Selain itu, banyak juga yang biasanya menggunakan sayur-sayuran mentah, ada yang ditambah tahu, ataupun ditambah tempe, namun lotek racikan Bu Oom ini menggunakan berbagai sayuran yang sudah direbus terlebih dahulu. Kombinasinya terbilang klasik, hanya sebatas menggunakan labu siam, kacang panjang, kangkung, dan kol. Bila yang menginginkan rasa pahit tentu bisa juga menambah paria seperti yang lazim kita temui bila menikmati baso tahu alias siomay Bandung.

Sayur-sayuran ini lalu diracik di atas sebuah cobek besar yang dicampur dengan potongan lontong dan kerupuk aci merah. Bila anda menikmatinyaon the spot, tempat makannya bukanlah piring, melainkan bungkus kertas berwarna cokelat yang dibentuk kerucut akan diisikan racikan lotek lezat dengan potongan-potongan kerupuk merah tersebut. Rasanya seperti menikmati kacang goreng tapi tentu ini lebih nikmat lagi!

Bumbu kacangnya yang tebal dan manis terasa gurih dicampurkan dengan sayur-sayuran segar. Melihat nampannya yang berisi penuh sayuran saja sudah tergiur apalagi bila sudah diracik sedemikian rupa seperti ini. Tambahkan bawang goreng di atasnya, and that’s it, heaven on earth!

Sebagai penutup, biasanya para pengunjung memesan cendol segar Pak Asep yang berjualan tepat bertetangga dengan kedai lotek ini. Pastikan mengunjungi lotek Bu Oom sepagi mungkin dan jangan menyesal bila siang sedikit mungkin saja tempat ini sudah dipenuhi pembeli yang kelaparan bahkan pasrah lantaran kehabisan!
—–

Must eat: Lotek

Price: IDR 7,500 / porsi

Address: Jalan Alkateri (tepat sebelum perempatan di sebelah kiri, bersebelahan dengan Cendol Gentong Pak Asep) – Bandung

Opening hours: 9 am – habis (sekitar jam makan siang)

—–

Featured by Farrago Indonesia (Nov 8, 2012)

Advertisements

2 thoughts on “Quikskoop™: Lotek Bu Oom (Farrago Indonesia – November 8, 2012)”

  1. setuju loteknya enak, ada lagi yang enak juga lotek kali apo. suka baca review2 makanannya jujur banget klo ga enak yah di blg ga enak. pengen kapan2 bisa jelajah maknan bareng :).

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s