Quikskoop™: Sekoteng IJB (Farrago Indonesia – October 5, 2012)

http://www.farragoindonesia.com/read/228/sekoteng-ijb-gunung-putri

Sekoteng selalu menjadi minuman paling pas untuk mengusir suhu dingin yang setengah menusuk. Kebetulan, inilah yang saya alami ketika sedikit berkelana di wilayah Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kedai bernama Sekoteng IJB ini menempati area yang cukup luas di sekitar pertigaan Griya Bukit Jaya dan Jalan GBHN, Kabupaten Bogor.

Di hari yang dingin itu betapa menggiurkan untuk menikmati reguk demi reguk segelas sekuteng yang memiliki rasa kompleks ini. Manis dari susu kental dan gula, pedas dari air jahe, dan para pendamping setianya seperti kacang hijau, kacang sangrai, potongan roti berbentuk kotak-kotak, serta irisan tipis-tipis pacar cina. Benar-benar menghangatkan!

Bila menginginkan rasa lebih atau nutrisi tambahan, jangan ragu untuk menambahkan telur ayam, telur bebek, bahkan ginseng. Jika beruntung, temani rasa nikmat sekoteng anda dengan beberapa buah kue ketawa yang manis dan khas itu. Di wilayah Gunung Putri yang sejuk, hadirnya Sekoteng IJB benar-benar ‘menyelamatkan’ saya dari iklim dingin dan memberikan tenaga tambahan untuk perjalanan pulang kembali ke Jakarta.

Berbincang sedikit dengan Pak Sahrul sebagai sang pemilik kedai, ternyata banyak yang bisa dipelajari. Setelah didera kebakaran dua kali pada usaha percetakannya di Jakarta dahulu, beliau akhirnya memutuskan untuk meneruskan resep keluarganya yang asli kota Padang untuk meracik sekoteng dengan rasa yang hebat ini.

Hasilnya, Sekoteng IJB kini selalu ramai dikunjungi bahkan hingga larut malam. Ketika ditanya mengenai kepanjangan dari IJB, Pak Sahrul menjawab seraya tersenyum: ‘Ikhlas Jaya Bersama’. Kepanjangan yang bermakna sebuah usaha harus dimulai dari sebuah bentuk kesabaran dan keikhlasan agar mencapai kesuksesan. Sebuah sajian sekoteng penuh filosofi.

—–

Must eat: Sekuteng telur ayam dan ginseng

Price: Kisaran IDR 6,500 – 15,000

Address: Jalan Raya GBHN no. 57 – Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Indonesia

Opening hours: 4 pm – 1 am

http://sekutengijb.com 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s