Restaurant Review: Misticanza (Hang Out Jakarta, May 2012)

Italian with a touch of Japanese. Sebuah konsep yang cukup berani mengingat sekeliling Misticanza notabene terdiri dari banyak ekspat dari Jepang yang rata-rata seleranya konservatif. Bagi saya, itu suatu catatan tambahan lezat di ensiklopedi pesiar kuliner saya.

Letaknya sebetulnya sangat strategis namun terbilang low profile. Meskipun menjadi tenant di Apartemen Sahid yang baru tapi Misticanza tampak tidak terlalu berepot-repot memunculkan dirinya di Twitter maupun Facebook. Kebetulan ketika saya sehari-hari melewatinya, Misticanza terbilang sepi pendatang baik siang maupun malam.

Photo by: sister.co.id

Sekelilingnya adalah gedung Midplaza yang notabene berisi perusahaan Jepang serta InterContinental Hotel sudah lazim menjadi brand kesukaan turis maupun ekspat dari negeri Sakura sana. Misticanza tampak mencoba memanfaatkan kondisi ‘demografis’ tersebut dan mengusung tema masakan fusion Italia dan Jepang.

Ketika datang pada suatu malam sebetulnya saya berharap banyak sebuah suasana yang homey dan cozy tapi yang saya dapatkan justru penempatan perabotan yang terasa semrawut. Sejujurnya malahan perabotan di Misticanza terlihat terlalu murahan untuk sebuah restoran yang menyajikan makanan dengan harga cukup mahal dan untuk segmen yang ditujukan bagi ekspat.

Pilihan yang eksotis untuk pembuka dengan rasa fusion adalah perpaduan bagna cauda dengan aksen Kyoto. Bagna cauda terdiri dari berbagai sayuran yang direbus ataupun ditumis untuk nantinya dimakan bersama pasta yang terbuat dari miso. Sayurannyapun begitu beragam seperti kol, zucchini, wortel, bawang daun, ubi, selada, cherry tomato, paprika hingga asparagus. Rasa miso yang asin serta aksen bawang yang kental sebetulnya menjadi pembuka yang seru. Tapi lama kelamaan pasta miso tersebut justru agak membuat eneg dan sayurannyapun begitu banyak. Maka di sinilah esensi makan beramai-ramai harus dijalankan layaknya orang Italia!

Prawn Risotto (Photo by: sister.co.id)

Terakhir yang dicoba adalah risotto dengan kari bercitarasa Jepang. Penampilannya gelap dan hanya diiringi oleh sayur-sayuran tapi justru rasa kari yang kencang membuat hidangan ini terasa gurih. Ketimbang berat dengan kekentalannya justru ini adalah satu tipe rasa yang adiktif dan mengajak lidah saya untuk terus menerus menyuapnya. This is a prime example of how fusion genre achieve success!

Mushroom Pizza (Photo by: sister.co.id)

Sebagai pendamping yang saya pesan justru citarasa asli Italia murni dalam bentuk pizza saja. Selain margherita justru funghi yang tampak cocok untuk malam itu. Bentuknya tipis dengan potongan cukup banyak untuk santap berdua atau lebih. Meskipun secara rasa tidak mengejutkan tapi cukup untuk menyimpulkan bahwa Misticanza memang lebih baik dikunjungi dengan semangat mencoba sesuatu yang baru or in other words, its fusion dishes!

Tawaran terakhir sebelum meninggalkan Misticanza adalah bahwa saat ini mereka tengah mengadakan promosi untuk all-you-can-eat-the-desserts sebesar IDR 100,000 per orangnya. Pilihannya juga cukup menggiurkan seperti tiramisu, panna cotta, fruit parfait atau chocolate parfait dan lain-lain. It’s tempting yet challenging. Are you up for it? I am! 

———-

MISTICANZA

Rating: ***

Halal-friendly (some of the menu contains pork and wine)

Some menu suitable for vegetarians

Address: Sahid Sudirman Residence, Jl. Jend. Sudirman Kav. 86, Jakarta – Indonesia

Opening Hours: 11 am – 11 pm

RSVP: 021 – 2902 2837

BB Pin: N/A

Email: info@misticanza.net

Website: http://misticanza.net

Facebook: N/A

Twitter: N/A

Atmosphere: Shabby furniture and awkward placement make Misticanza feel like an alien ship.

Ambiance: Quiet all day.

Service: Highly knowledgeable and helpful to my surprise.

Pricing: Around IDR 150,000 – IDR 200,000 for two

———-

-Featured in HANG OUT JAKARTA May 2012 edition- (unedited)

Pictures by http://sister.co.id

Advertisements

One thought on “Restaurant Review: Misticanza (Hang Out Jakarta, May 2012)”

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s