Restaurant Review: Aperitivo (HOJ, July 2011) [CLOSED]

Persaingan restoran Italia yang meningkat tajam di Jakarta ternyata tidak membuat Aperitivo selaku pemain baru di segmen ini menjadi lelah apalagi jengah. Tidak hanya berbekal lokasi strategis dan seorang native chef, namun Aperitivo juga membawa sebuah konsep baru yang sesuai dengan namanya.

Konsep aperitivo atau lebih dikenal sebagai aperitif di Perancis adalah tahapan pembuka dari makan besar atau biasa kita kenal sebagai appetizer. Konsep inilah yang dieksploitasi oleh Aperitivo dengan jeli yaitu memenuhi kebutuhan gaya hidup perkotaan khususnya untuk para pekerja dan ekspat yang gemar getting together after a hard day’s work for drinks and snacks. Dalam hal ini Aperitivo menyiapkan berbagai macam minuman beralkohol, sebut saja yang legendaris seperti Campari, Cinzano hingga Vermouth, yang siap disandingkan dengan snacks yang berganti-ganti setiap harinya bahkan ditawarkan secara free flow.

Aperitivo dalam pemunculannya yang masih muda ini sudah menggandeng seorang chef Italia asli berpengalaman di mancanegara untuk mendesain seluruh menunya menjadi suatu sajian yang berbeda. Aperitivo sedianya akan berkreasi menyatukan kekhasan kuliner berbagai daerah di Italia serta banyak melibatkan unsur seafood di dalamnya. Tentunya ristorante seperti Aperitivo akan mengolah sendiri berbagai hal yang berbau home made seperti pasta, pastries/bread, bahkan hingga sorbet and ice cream.

Dari segi kualitas, di sinilah Aperitivo memberikan sebuah perhatian khusus yaitu penyediaan bahan makanan yang baru, segar serta bermutu. Bahkan sang chef sendiripun yang turun tangan memilih ikan hingga ke pasar-pasar tradisional maupun ke supermarket demi mendapatkan yang terbaik. Bahan makanan lainnyapun banyak menggunakan produk lokal. Di sinilah kreativitas serta inovasi dalam mengolah makanan menjadi sedemikian rupa agar terlihat unik, segar, affordable dan tentunya dapat diterima berbagai kalangan.

Sebagai contoh pembuka selera yang lezat dapat dimulai dari mackerel carpaccio dan octopus saladDengan rasa ringan dan segar karena adanya citrus salad dan lemon sauce apalagi ditambah carpaccio yang dibuat dari mackerel yang relatif tidak lazim dipakai ketimbang tuna, justru membuat hidangan pembuka ini sebagai tanda bahwa Aperitivo memang ingin membuat suatu hal yang berbeda.

Untuk primi tersajilah pasta jenis maltagliati yang diolah menjadi creamy dengan perpaduan unik antara okra, blue cheese, dan bayam. Pertama-tama maltagliati yang secara harfiah berarti ‘wrong cut’ memang dibuat dari adonan pasta yang dipotong-potong tidak beraturan. Rasanya al dente? Tentu saja, apalagi perpaduan tidak lazim kembali terlihat dengan penggunaan okra pada hidangan ini. Okra bahkan jarang dipakai oleh masakan lokal kecuali versi yang lebih besarnya yang kita kenal sebagai oyong. Selain bayam yang memang selalu jadi pilihan sedap di berbagai masakan pasta, rasa gurih namun lembut dari keju yang dipakai membuat masakan ini semakin lebih berwarna.

Penutupnya tentu saja sorbet yang segar. Dua jenis sorbet buah-buahan terbuat dari mangga dan buah naga yang dicampur leci menjadi penutup yang tepat untuk sebuah santap malam yang menyenangkan.

Apabila santap malam bukan menjadi pilihan utama, selalu ada pilihan aperitivo all-you-can-eat yang dapat dinikmati dari bar serta berbagai promo lainnya yang melibatkan free drinks yang melibatkan tidak hanyaa wine atau cocktails namun juga champagne by glass!

Dengan kehadirannya yang  menambah perbendaharaan kuliner di Jakarta yang semakin kaya setiap harinya, sentuhan berbeda Aperitivo menjadi pesan bahwa banyak yang dapat kita coba dan jelajahi di dalam satu restoran saja. Besides, masakan Italia memang selalu jadi pilihan yang menggiurkan di berbagai suasana. Viva Aperitivo fantastico!

Atrium Mulia, GF

Jl. HR Rasuna Said Kav. 10-11, Jakarta

RSVP: 021 – 5289 2304

Opening hours: Mon-Fri 7am – 2 am, Sat-Sun 10.30 am – 2 am

Facebook: http://www.facebook.com/profile.php?id=100002210562425

Twitter: http://twitter.com/APERITIVO_JKT

-Featured in HANG OUT JAKARTA July 2011 edition-

Link: http://hangoutjkt.com/food/103/Aperitivo

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s