Yamien manis dan pangsit

Quikskoop™: Toko YOU (Farrago Indonesia – November 16, 2012)

Yamien manis dan pangsit

Stuck on (Toko) You

Toko You lebih mirip toko dibandingkan restoran. Bahan-bahan makanan yang dijual di sini bisa juga langsung dicicipi di restorannya yang menyajikan beragam Chinese food otentik.

—–

Siapalah menyangka bahwa tempat ini adalah sebuah restoran padahal tidak pernah terpampang papan namanya sejauh mata memandang. Bertahun-tahun menikmati hidangannya, usut punya usut ternyata namanya pun bukan nama restoran yg lazim. Ya, itulah Toko YOU.

Toko YOU, seingat saya memang sudah berdiri sejak dua bahkan tiga generasi lampau. Menempati sebuah sudut strategis di bilangan Sultan Hasanuddin dan dekat sekali dengan daerah Dago, Toko YOU tampil sederhana dan sebatas menghidangan berbagai menu bakmie dengan rasa khasnya sekaligus bakso goreng udangnya yang kenyal dan renyah serta disandingkan dengan saus tomat buatannya sendiri.

Baso goreng

Seiring berjalannya waktu, tiba-tiba Toko YOU mendandani dirinya dengan penampilan unik ala rumah adat Joglo asli Jawa, lengkap dengan kursi lenong, meja marmer, serta kini menempatkan banyak sepeda onthel di salah satu sisi restoran. Tentu saja bagian ini sukses menjadi strategi dekorasi yang menarik.

Padahal, dari segi menu mungkin hanya nasi rawon saja yang berbau Jawa. Sisanya adalah kreasi turun-temurun pemiliknya yang konon adalah etnis Cina muslim yang pandai meracik bakmi dan berbagai jenis masakan negeri Tiongkok lainnya. Tidak heran, banyak yang justru membeli berbagai olahan mie homemade Toko YOU sebagai bahan memasak di rumah.

Chinese food di Toko You tidak hanya sebatas menu-menu familiar seperti bakmie, kwetiaw, puyunghai, capcay, serta menu sejenisnya. Kekhasan lainnya adalah tersedianya seperti ayam atau kodok goreng saus mentega yang gurih; udang/cumi/kepiting saus tiram, saus asam manis, saus tauco, atau saus pedas yang selalu dilengkapi brokolil; serta segudang menu lainnya yang justru non-Chinese food seperti kari India yang dilengkapi papadum; bestik; tahu gejrot; hingga jamu gendong.

Nasi ayam lapis udang

Petualangan saya bertahun-tahun di sini selalu tidak pernah selesai, dan rasanya tidak pernah bisa meninggalkan menu favorit saya yakni nasi dengan ayam lapis udang yang bisa dipilih sausnya sesuai selera.

Ayam lapis udang ini memiliki tekstur mirip dengan bakso goreng udangnya namun tentu diberikan ayam lapis di setiap potongannya. Sungguh selalu mengundang selera!

Bagi saya rasanya selalu lengkap bila mengunjungi Toko YOU—makanan yang enak, ditemani atmosfer klasik Indonesia berhias lukisan antik, lengkap dengan keteduhan dan jauh dari kebisingan lalu lintas. Ah, rasanya saya rela kalau masih harus ‘stuck on (Toko) YOU’, yang memang selalu memiliki tempat di hati saya.

—–

Must eat: Yamien, Yahun, Bihun, Mie – Bakso dan Pangsit, Nasi + Chinese food, Bakso Goreng Udang.

Price: IDR 40,000 – IDR 50,000 / orang

Address: Jalan Sultan Hasanuddin no. 12 – Bandung

Phone: +62.22.250.3332

Opening hours: Setiap hari, 9 am – 12 am

—–

Featured by Farrago Indonesia (November 16, 2012)

About these ads

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s